ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 16:01 WIB

RI Ingin Pastikan Lab Dunia Buka Data Patogen, Cegah Pandemi Selanjutnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Indonesia ingin memastikan seluruh laboratorium yang ada di dunia bersedia untuk membuka dan berbagi data patogen mereka, jika terjadi pandemi berikutnya. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

"Kami mau memastikan ada kesepakatan agar semua lab-lab di dunia bisa sharing daftar patogen, bisa sharing daftar parasit nanti kalau ada pandemi berikutnya," beber Menkes Budi dalam konferensi pers 'G20: The 2nd Health Working Group', Senin (6/6/2022).

"Jadi, kalau ada outbreak pandemi berikutnya, sudah ada mekanisme untuk melaporkan genome sequence datanya. Patogen itu bisa virus, bisa bakteri, bisa parasit, yang mengakibatkan pandemi bisa tiga (hal) itu," imbuhnya.

Menurut Menkes Budi, pembukaan data ini sangat penting. Terutama untuk memantau patogen yang berpotensi menimbulkan pandemi.

"Kita harus mengoptimalkan pembagian data terkait patogen yang berpotensi menimbulkan pandemi. Kita membutuhkan platform pembagian universal. Platform ini harus membuat kita bisa memantau patogen yang berpotensi mendatangkan pandemi," lanjut Menkes Budi.

Dalam penjelasannya, Menkes Budi berharap negara G20 bisa bersatu untuk menghasilkan analisis yang kuat untuk mencegah pandemi selanjutnya. Sehingga dengan cepat bisa menentukan diagnosis, vaksin, hingga perawatan yang tepat saat krisis tiba.



Simak Video "Menkes Budi Beberkan Penyebab Kasus Covid-19 Global Naik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT