ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 19:22 WIB

Dokter Ungkap Penyebab Kebotakan yang Paling Sering Dialami Warga +62

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi rambut rontok Penyebab kebotakan (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Kebotakan atau penipisan pada rambut tak jarang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Jika dulu kebotakan lebih sering terlihat pada mereka yang berusia 50 tahun ke atas, saat ini semakin banyak usia muda yang juga mulai mengalami kebotakan.

Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik The Clinic Beautylosophy Cipete dr Nilam Permatasari, SpBP-RE mengungkap beberapa faktor risiko kebotakan pada kebanyakan kasus yang ia temukan di Indonesia.

"Kehilangan rambut pada laki-laki menurunkan physical attractive, kepercayaan diri juga menurun," beber dr Nilam dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (6/6/2022).

Lebih lanjut, dr Nilam menjelaskan terkait kebotakan atau penipisan rambut, ada multifaktor yang menentukan seseorang mengalami masalah tersebut. Ada faktor yang bisa dicegah, tapi ada juga yang sulit untuk dihindari.

Risiko kebotakan dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari genetik, hormon, sampai gaya hidup seseorang. Penyebab kebotakan ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Penanganan kebotakan pun akan berbeda-beda, tergantung penyebabnya.

Berikut penyebab kebotakan yang paling umum dialami warga Indonesia menurut dr Nilam:

1. Genetik

Faktor genetik adalah penyebab paling umum kebotakan rambut. Menurut dr Nilam, ini adalah faktor penyebab kebotakan yang sulit untuk dihindari.

"Ini tidak bisa diutak atik, kita susah untuk menghindari," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berapa Lama Proses Tumbuhnya Rambut Usai Jalani Implan?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT