Viral Stroke-Koma Gegara Begadang, Ini Saran Pakar Soal Tidur Berkualitas

ADVERTISEMENT

Viral Stroke-Koma Gegara Begadang, Ini Saran Pakar Soal Tidur Berkualitas

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 06 Jun 2022 19:46 WIB
Viral wanita mengalami stroke di usia muda
Viral stroke di usia muda gara-gara begadang (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Viral di TikTok seorang wanita 21 tahun yang mengaku terkena stroke dan koma karena sering begadang. Pemilik akun @Olsza Lauuu menceritakan dirinya begadang karena merasa produktif pada malam hari, namun kebiasaan tersebut membuat dirinya harus dirawat di rumah sakit.

"Cuma karena merasa kalau malam tuh aku lebih produktif, aku gitu terus semenjak mulai pandemi sampai 2021 kemarin, dan akhirnya aku drop masuk ICU, koma," cerita dia, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan Senin (6/6/2022).

Menurut pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, kejadian yang dialami Olsza sebetulnya banyak namun sayangnya tidak viral dan jarang terekspos media.

"Banyak sebetulnya kejadian gegara begadang terus jatuh stroke. Malah ada yang lagi olahraga lari tiba-tiba kena jantung, karena sering begadang," ujarnya dihubungi detikcom, Senin (6/6).

Ia menyatakan masyarakat Indonesia masih sering berpikiran tidur sebagai kemalasan dan begadang sebagai bentuk produktivitas. Menurut dr Andreas ini hal keliru karena manusia lebih butuh tidur cukup minimal 7-8 jam sehari.

"Paradigma masyarakat kita masih kerja, kerja, dan kerja. Tidur masih dianggap kemalasan dan begadang dibilang produktif, tidur ya harus cukup 7-8 jam sehari buat orang dewasa," bebernya.



Simak Video "Waspada! Dokter Jantung Ungkap Pemicu Stroke di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT