Rabu, 08 Jun 2022 07:00 WIB

5 Obat Mencret Anak, Aman Tapi Tetap Ampuh

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
the toddler, 3-years-old, is sitting on the toilet, alone. Obat mencret anak (Foto: Getty Images/eldemir)
Jakarta -

Mencret adalah salah satu jenis gangguan pencernaan yang menyebabkan tinja menjadi encer dan perut tidak nyaman. Meski begitu, mencret yang menimpa anak-anak masih bisa ditangani dengan berbagai cara salah satunya pemberian obat mencret anak yang sesuai dan aman.

Sebenarnya mencret atau diare ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika berlangsung terus menerus bisa menyebabkan dehidrasi pada anak. Oleh karena itu, obat mencret menjadi langkah yang efektif sebagai penyembuhan.

Perlu diingat juga nih,obat mencret anak dan dewasa itu berbeda. Begitu juga dokter tidak menyarankan orang tua untuk memberikan obat mencret anak sembarangan lantaran bisa memicu efek samping yang cukup berbahaya.

Dikutip dari laman Children's Health, Selasa (7/6/2022( berikut obat mencret anak yang cukup aman dan ampuh.

Obat Mencret Anak

Beberapa obat mencret untuk anak yang bisa dicoba:

1. Larutan elektrolit oral

Dalam dunia medis, larutan elektrolit oral bisa disebut juga sebagai oralit. Obat ini berbentuk cair dan bisa diberikan kepada anak yang mengalami dehidrasi. Pasalnya, diare bisa menyebabkan anak kehilangan cairan yang berujung dehidrasi.

Larutan elektrolit juga bisa ditemukan dalam bentuk es loli yang dibuat dari campuran air panas, gula, garam, dan juga bubuk agar-agar.

"Dengan diare, tubuh kehilangan garam dan elektrolit, jadi sangat penting untuk membantu anak Anda tetap terhidrasi," kata dr Lauren Lazar, Ahli Gastroenterologi Anak pada Children's Health.

2. Suplemen Probiotik

Obat mencret anak selanjutnya adalah suplemen probiotik. Untuk beberapa jenis diare yang infeksius, probiotik dapat mengatasinya. Suplemen probiotik juga dapat dibeli tanpa resep di apotek, tetapi pastikan untuk membeli suplemen probiotik khusus anak-anak.

3. Air putih

Air putih juga termasuk sebagai obat mencret anak. Pasalnya, mencret bisa menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh, termasuk air. Sehingga banyak minum air putih bisa mengurangi gejala diare.

4. ASI

Obat mencret anak selanjutnya adalah ASI. Untuk bayi yang masih disusui dan mengalami diare, asi bisa menjadi pilihan bagus sebagai nutrisi dibandingkan larutan elektrolit (oralit).

5. Apel

Serat dalam buah bisa digunakan untuk mengatur pergerakan usus dan sangat baik dikonsumsi ketika sembelit, diare, atau mencret. Apel yang dikonsumsi tanpa kulit bisa menjadi obat mencret alami pada anak.



Simak Video "Kasus PMK di DIY Tembus 6 Ribu Lebih, Vaksinasi Ternak Digencarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)