ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Jun 2022 11:46 WIB

7 Cara Mengatasi Pilek Secara Alami dalam Sehari

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi waniita batuk pilek flu Cara mengatasi pilek. Ilustrasi pilek (Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative)
Jakarta -

Terdapat sejumlah cara mengatasi pilek secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Pilek atau hidung meler merupakan gangguan kesehatan yang kerap terjadi, bahkan bisa dialami oleh siapa saja.

Adapun sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan pilek. Namun, kondisi ini paling umum disebabkan oleh common cold (selesma), influenza, rhinitis alergi, hingga sinusitis.

Dalam kasus lain, pilek juga bisa disebabkan oleh polip hidung, perubahan hormon, dan lainnya.

Cara Mengatasi Pilek

Pilek umumnya dapat disembuhkan tanpa harus menggunakan obat medis. Berikut beberapa cara mengatasi pilek secara alami yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Healthline, Rabu (8/6/2022).

1. Tetap Terhidrasi

Cara mengatasi pilek bisa dilakukan dengan memperbanyak minuman cairan agar tetap terhidrasi. Bahkan cairans seperti air putih dan jus buah bisa mengurangi gejala pilek terutama yang disebabkan oleh influenza dan common cold. Dengan banyak minum, dapat membantu mengencerkan lendir yang berada dalam saluran hidung dan tenggorokan.

Beberapa jenis minuman boleh dikonsumsi, seperti air putih, jus buah dan teh hangat. Hindari minuman seperti alkohol, kopi, dan soda berkafein yang bisa memperburuk dehidrasi.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup bisa dilakukan sebagai cara mengatasi pilek dengan cepat. Cukup merebahkan tubuh dan tidur dengan nyenyak agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat.

3. Konsumsi Teh Panas dan Lemon

Udara kering dan panas bisa membuat daya tahan tubuh cepat menurun. Tubuhpun mudah terserang flu dengan gejala pilek dan batuk. Teh panas yang diberi campuran jeruk lemon mengandung vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Lemon dapat merangsang pengeluaran dahak dan membantu tubuh cepat pulih dari pilek. Cara mengatasi pilek dalam sehari bisa dilakukan dengan menambahkan air jeruk lemon segar dengan teh panas dan bisa ditambahkan dengan madu atau gula batu sebagai pemanis.

4. Terapi Uap

Cara mengatasi pilek dalam sehari bisa dilakukan dengan memanaskan air hingga menghasilkan uap dan menambahkan oil peppermint atau minyak kayu putih.

Tempatkan wajah di atas uap selama 20-30 menit. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan beristirahatlah jika uap ini terlalu panas di wajah.

5. Konsumsi Sup

Saat pilek atau flu dan batuk menyerang, salah satu makanan sebagai cara mengatasi pilek dengan cepat adalah sup daging sapi atau ayam hangat. Sup mengandung protein yang sangat baik untuk meregenerasi sel tubuh. Dan campuran sayur-sayuran yang tinggi akan antioksidan dan juga vitamin serta mineral untuk mempercepat pemulihan.

6. Mandi Air Panas

Cara mengatasi pilek selanjutnya, bisa mencoba dengan mandi air panas. Sama seperti minum teh panas atau melakukan terapi uap wajah, mandi air hangat juga diyakini dapat membantu meringankan hidung meler atau pilek.

7. Neti Pot

Cara mengatasi pilek dalam sehari lainnya adalah dengan bantuan neti pot. Neti pot merupakan alat berbentuk teko kecil yang diisi air dan larutan garam. Fungsinya adalah untuk mengatasi peradangan sinus dengan mengaliri sinus dengan air menggunakan neti pot. Alat ini bisa membantu keluarkan lendir melalui cairan.

Jika cara mengatasi pilek di atas tidak memicu perbaikan gejala, segera periksa ke dokter untuk diberikan obat atau perawatan lebih lanjut. Dokter dapat membantu memastikan penyebab pilek yang dialami dan memberikan saran pengobatan.



Simak Video "Kata Dokter Saraf soal Kaitan Flashlight ''Pengabdi Setan 2'' dengan Epilepsi"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT