Jenazah Eril Ditemukan, Dikonfirmasi Lewat Tes DNA

ADVERTISEMENT

Jenazah Eril Ditemukan, Dikonfirmasi Lewat Tes DNA

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kamis, 09 Jun 2022 20:11 WIB
Emmeril Kahn Mumtadz adalah putra Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Emmeril dinyatakan hilang karena terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss.
Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan, sudah dikonfirmasi dengan penelusuran DNA. Foto: Instagram @ataliapr/ @emmerilkahn
Jakarta -

Polisi Bern melaporkan temuan jenazah seorang Warga Negara Indonesia (WNI) di sungai Aare. Berdasarkan identifikasi DNA, jenazah tersebut telah dipastikan merupakan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang diketahui hilang di sungai Aare sejak 26 Mei 2022.

"Kemarin kepolisian kantor Bern telah bertemu kami di kantor KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah ananda Eril pada sekitar 6.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB," jelas Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Dharmansyah Hadad dalam Press Briefing KBRI Bern, Kamis (9/6/2022).

Lebih lanjut Muliaman menjelaskan, kepastian bahwa jenazah tersebut merupakan Emmeril Kahn Mumtadz mengacu pada identifikasi dan penelusuran DNA.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah benar ananda Eril," jelasnya.

"Pada hari Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau ananda Eril," sambung Muliaman.

Terakhir ia menjelaskan, sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak berwenang. Nantinya, berkas tersebut akan memutuskan serah-terima jenazah Emmeril Kahn Mumtadz dari pihak kepolisian kepada pihak keluarga.

Sementara itu, melalui akun resmi Instagram milik ibu dari Emmeril Kahn Mumtadz, Atalia Praratya (@ataliapr), sang ibu mengaku DNA yang ditemukan sama dengan DNA miliknya.

"Alhamdulillah Allahu Akbar! DNA sudah dinyatakan sama dengan saya... Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn..." ujarnya dalam unggahan pada Kamis (9/6).

Simak Video: Jasad Eril Akhirnya Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT