ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 17:30 WIB

Ketemu Sikap Kurang Empati Saat Ada Kabar Duka? Begini Cara Menegurnya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Foto Eril terpajang di pagar Gedung Pakuan, Kota Bandung Foto: Bima Bagaskara/detikJabar
Jakarta -

Kabar duka bisa datang dengan tiba-tiba bagi siapa saja. Beberapa orang umumnya merespons kabar duka dengan sikap simpati dan empati bagi pihak yang sedang berkabung atau berduka.

Namun ada beberapa orang yang merespons duka dengan sikap acuh tak acuh atau bahkan antipati terhadap kabar duka yang disampaikan. Bisa juga muncul dengan sikap tak peduli atau bahkan menjadikannya bahan bercandaan.

Menurut psikolog klinis dan Co-Founder Ohana Space Veronica Adesla, seseorang dengan sikap tersebut bisa diingatkan melalui kata-kata yang singkat padat dan jelas atau reflektif.

"Bisa diingatkan melalui kata-kata yang singkat padat dan jelas dan atau reflektif," ujarnya pada detikcom, Jumat (10/6/2022).

Menurut Vero orang tersebut bisa diingatkan dengan teguran seperti, "Bagaimana kalau kamu yang mengalami hal tersebut dan ada orang yang mengatakan atau bersikap demikian ke kamu?," atau bisa dengan, "kamu tidak akan bisa sepenuhnya tahu dan paham akan apa yang dirasakan di dalam diri seseorang, karena hanya mereka yang tahu,".

Vero menambahkan bahwa seseorang akan mengalami proses menerima duka yang berbeda-beda. Ia berujar setiap orang memiliki hak untuk merasakan apa yang dirasakan tanpa dihakimi termasuk ketika sedang berduka.

"Setiap orang memiliki hak untuk merasakan apa yang dirasakan tanpa dihakimi," ucap Vero.

"Mungkin hanya orang yang pernah mengalami hal serupa yang bisa benar-benar cukup memahami apa yang dirasakan meski itu pun tidak akan bisa 100% karena setiap orang bisa memiliki proses penerimaan yang berbeda," pungkasnya.



Simak Video "Journaling, Cara Sehat Memproses Kedukaan"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT