7 Janin Hasil Aborsi Disimpan 10 Tahun Akan Tes DNA, Seperti Ini Prosesnya

ADVERTISEMENT

7 Janin Hasil Aborsi Disimpan 10 Tahun Akan Tes DNA, Seperti Ini Prosesnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sabtu, 11 Jun 2022 10:12 WIB
Wanita NM yang menyimpan 7 janin bayi saat digelandang ke Polrestabes Makassar.
Foto: Wanita NM yang menyimpan 7 janin bayi saat digelandang ke Polrestabes Makassar. (Muh Ishak Agus/detikSulsel)
Jakarta -

Sejoli tersangka kasus aborsi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, saling bantah. Wanita berinisial NM mengatakan telah menggugurkan 7 janin, sementara kekasihnya, SM mengatakan hanya 4 janin.

Terkait hal tersebut, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Reonald Simanjuntak mengatakan akan melakukan tes DNA untuk memastikan hal tersebut.

"Kemungkinan kita akan lakukan tes DNA untuk memastikan janin siapa saja di situ. Kita belum tahu nanti kita tanyakan sama kedokteran bagaimana, dari ahlinya dan akan kita sampaikan berikutnya," katanya dikutip dari detikSulsel.

Secara umum, tes DNA atau tes Deoxyribonucleic acid adalah tes yang sering kali digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu, salah satunya berkaitan dengan hubungan kekerabatan seseorang.

Dikutip dari Medlineplus, tes DNA bisa dilakukan pada sampel darah, rambut, kulit, cairan ketuban (cairan yang mengelilingi janin selama kehamilan), atau jaringan lain.

Dalam prosesnya, ada berbagai prosedur yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi DNA. Prosedur tersebut harus sesuai dengan prosedur operasional standar dari panduan Scientific Working Group of DNA Analysis Method dan rekomendasi dari komisi DNA International of Forensic Genetics.

Adapun tahapannya yakni:

  • DNA yang berada di dalam inti sel diekstraksi, yang berfungsi untuk memecah inti sel tersebut.
  • Pemisahan DNA, metode ini menggunakan medan listrik untuk mengurutkan molekul dalam sampel.
  • Proses amplifikasi, yaitu proses menghasilkan banyak salinan DNA, yang kemudian akan diuji untuk penanda genetik.
  • Proses analisis dan interpretasi, pada tahap ini DNA akan dianalisis untuk menemukan penanda genetik untuk mengidentifikasi hubungan.
  • Proses terakhir yaitu hasil dari tes DNA. Perlu waktu sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk menerima hasilnya. Tetapi, jika dalam keadaan darurat hasil tes DNA bisa didapatkan dalam waktu satu hari.


Simak Video "Sikap WHO Terkait Pencabutan Hak Aborsi 'Roe v Wade' di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT