ADVERTISEMENT

Sabtu, 11 Jun 2022 12:45 WIB

Ramsay Hunt Syndrome Bikin Wajah Justin Bieber Jadi Begini

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jakarta -

Justin Bieber baru-baru ini mengaku mengidap penyakit Ramsay Hunt Syndrome. Kondisi tersebut membuat wajahnya lumpuh sebelah, sehingga terpaksa membatalkan konsernya.

Ia juga menegaskan bahwa penyakit yang diidapnya itu cukup serius. Sebab, selain wajahnya yang lumpuh, Justin Bieber juga mengalami gangguan pada telinga, mata yang sulit berkedip, hingga tak bisa tersenyum di kedua sisi.

"Hai semua, ini Justin. Aku ingin mengabarkan soal apa yang terjadi. Seperti yang bisa kalian lihat di wajahku, aku punya sindrom yang disebut Ramsay Hunt Syndrome. Ini berasal dari virus yang menyerang saraf di telinga dan wajahku. Seperti yang Anda lihat, mataku ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya, lubang hidung ini tidak akan bergerak," jelas Justin Bieber, seperti dikutip detikcom dari Instagramnya, Sabtu (11/6/2022).

"Ada kelumpuhan total di sisi wajahku. Jadi, bagi mereka yang merasa frustasi dengan pembatalan pertunjukan saya berikutnya, saya hanya secara fisik, jelas, tidak mampu melakukannya. Ini cukup serius, seperti yang Anda lihat," tambahnya.

Justin BieberJustin Bieber Foto: Diolah

Oleh karenanya, Pelantun Sorry itu meminta pengertian dari para penggemarnya untuk memberikan waktu beristirahat dan pulih kembali.

"Saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan bersantai dan kembali ke seratus persen, sehingga saya dapat melakukan apa yang harus saya lakukan sejak lahir," katanya.

Dikutip dari Mayoclinic, Sabtu (11/6/2022), Ramsay Hunt Syndrome (RHS) adalah infeksi saraf wajah yang disertai dengan ruam yang menyakitkan dan kelemahan otot wajah. Penyebab RHS adalah virus varisela-zoster, virus yang menyebabkan cacar air.

Setelah menyembuhkan cacar air, virus berdiam tidak aktif dalam saraf. Bertahun-tahun kemudian, virus aktif kembali. Jika virus tersebut aktif kembali dan menginfeksi saraf wajah, seseorang akan mengidap Ramsay Hunt Syndrome.

(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT