ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 21:00 WIB

Diidap Justin Bieber, Dokter Saraf: Ramsay Hunt Syndrome Dipicu Herpes Zoster

Vidya Pinandhita - detikHealth
Justin Bieber Justin Bieber mengalami lumpuh di wajah akibat penyakit Ramsay Hunt Syndrome. Foto: Foto: Diolah
Jakarta -

Musisi Justin Bieber mengabarkan dirinya mengidap Ramsay Hunt Syndrome. Akibat penyakit tersebut, wajahnya lumpuh. Ia mengaku tak bisa mengedipkan mata, tersenyum pada satu sisi wajah, serta menggerakkan hidungnya.

"Ini (Ramsay Hunt Syndrome) disebabkan virus yang menyerang sarafku di telinga, saraf di wajah, dan membuat wajahku mengalami kelumpuhan. Seperti yang kamu bisa lihat, ini membuat mataku tidak bisa berkedip. Aku tidak bisa senyum di satu sisi wajahku," ujar Justin dalam video yang diunggahnya ke Instagram @justinbieber, Sabtu (1/6/2022).

"Lumpuh total di sisi wajahku sebelah sini (sebelah kiri). Jadi untuk kamu yang kesal dengan penundaan konserku selanjutnya, aku secara fisik jelas tidak sanggup melakukannya (konser). Ini lumayan serius, seperti yang kamu bisa lihat," lanjutnya.

Dipengaruhi Imunitas

Spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS, menjelaskan, Ramsay Hunt Syndrome menyebabkan sederet gejala berupa kelainan saraf fasialis atau saraf VII, tinnitus atau telinga berdenging, dan nyeri di telinga.

Pada kebanyakan kasus, kondisi ini dipicu oleh herpes zoster yang juga merupakan virus pemicu cacar air. Penyakit ini juga dialami siapa pun tanpa batasan usia. Menurut dr Rubiana, penyakit ini dipengaruhi kondisi imunitas.

"Ya (Ramsay Hunt Syndrome dipengaruhi oleh imunitas) karena herpes zoster virusnya cacar air. Imunitas mempengaruhi," terang dr Rubiana pada detikcom, Senin (13/6).

Pasien Ramsay Hunt Syndrome bisa beroleh pengobatan menggunakan anti virus dan steroid anti inflamasi, anti nyeri, dan fisioterapi bila diperlukan. Namun pada sejumlah kasus, Ramsay Hunt Syndrome membekaskan gangguan saraf permanen alias tidak bisa sembuh total.

"Kesembuhannya bervariasi bisa sembuh sempurna dan bisa juga tidak sembuh dan gangguan saraf 7 dan 8 yang permanen," pungkas dr Rubiana.



Simak Video "Pakar IDI Bicara Kaitan Ramsay Hunt Syndrome dengan Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT