Ternyata Ini Alasan Sendawa Habis Minum Soda Tak Boleh Ditahan

ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Alasan Sendawa Habis Minum Soda Tak Boleh Ditahan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 15 Jun 2022 16:01 WIB
Portrait of young caucasian woman relaxing in cafe and drinking juice. Close up.
Ilustrasi minum soda (Foto: Getty Images/iStockphoto/urbazon)
Jakarta -

Belum lama ini viral challenge TikTok meminum habis sebotol soda tanpa sendawa. Banyak pengguna TikTok dari luar maupun dalam negeri yang ikut challenge tersebut dengan memilih beragam jenis soda.

Beberapa di antaranya ada yang berhasil menahan sendawa, namun ada juga yang tidak kuat menahan sendawa saat baru meminum setengah botol soda.

Berkaca dari hal tersebut, dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi dari RS Pondok Indah, Prof Dr dr Rino Alvani Gani, SpPD-KGEH, menjelaskan bahwa meminum soda umumnya akan menghasilkan gas CO2 (karbon dioksida) dan akan terkumpul di lambung. Hal inilah yang memicu terjadinya sendawa.

"Minum soda akan menghasilkan gas. Gas yang dilepaskan itu adalah CO2. Dan gas CO2 itu akan terkumpul di lambung. Jadi kenapa ada sendawa terjadi pada saat minum soda oleh karena gas yang ada tersebut," tuturnya pada webinar, Rabu (15/6/2022).

Apabila sendawa atau gas tersebut tidak dikeluarkan, bisa memicu tekanan dan berkurangnya pasokan darah ke lambung. Akibatnya, lambung akan mengalami kelainan dan bahkan kerusakan.

"Bisa saja berbahaya kalau tekanan di lambung jadi besar berakibat dari berkurangnya pasokannya darah ke lambung, sehingga lambungnya akan mengalami kelainan. Bisa juga terjadi kerusakan dari lambung juga," sambungnya.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT