5 Tips Melahirkan Normal di Bidan, Konon Lebih Ekonomis!

ADVERTISEMENT

5 Tips Melahirkan Normal di Bidan, Konon Lebih Ekonomis!

Dharmajati Yusuf Fadli - detikHealth
Kamis, 16 Jun 2022 06:30 WIB
Ilustrasi melahirkan
Melahirkan normal di bidan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Bagi calon ibu baru, melahirkan secara normal digambarkan sebagai proses yang menyakitkan. Namun, sebaiknya seorang ibu tidak perlu khawatir karena rasa sakit tersebut bisa diminimalisir.

Mutiara Putri Ananda, seorang penyanyi sekaligus influencer, menceritakan keputusannya memilih bidan saat melahirkan. Dalam live Instagram HaiBunda, ia mengungkapkan beberapa alasan memilih untuk melahirkan di bidan. Yang pertama, ia membahas terkait ikatan emosional.

Menurutnya, kedekatan emosional dengan bidan itu sangat penting. Bersama bidan, ibu dua orang anak ini merasa lebih dipahami sehingga ada rasa lebih tenang dan nyaman.

"Karena kedekatan itu penting, ibu hamil ingin didengar, dimengerti, lalu aku ngerasa kita sesama wanita lebih mengerti apa yang dirasakan, sakit yang dirasakan," ungkapnya pada Selasa (14/6/2022).

Tidak hanya kedekatan emosional, Mutiara Putri juga mengatakan bahwa melahirkan dengan bidan bisa lebih hemat biaya. Dana yang dihemat, menurutnya bisa dimanfaatkan untuk bayi yang baru lahir.

Seperti yang dibahas di awal, sebaiknya seorang ibu tidak perlu khawatir dengan proses melahirkan secara normal yang dianggap menyakitkan. Menurut bidan Chandra Dwi Fitriani, ibu hamil perlu belajar pernapasan sejak awal agar proses persalinannya bisa berjalan lebih lancar.

"Proses ini berlangsung saat pembukaan sepuluh, atau lengkap. Tapi perlu juga belajar napas sejak hamil," bebernya.

Beberapa tips mengejan menurut Bidan Chandra adalah sebagai berikut:

1. Napas

Menurut Bidan Chandra, belajar napas menjadi hal yang penting bagi ibu yang hendak melahirkan. Jika dibiasakan, maka proses mengejan saat melahirkan akan menjadi lebih mudah.

"Kalau belajar napas dan seiring besarnya kehamilan napasnya diatur, badan kita bakal otomatis. Saat kita butuh napas apa, bakal napas seperti itu. Teknik napas itu banyak banget, tapi yang penting itu dilatih," katanya.

"Ketika dilatih, napas kita panjang, otomatis ketika mengejan, kita bisa connect sama badan kita," jelasnya.

2. 'Connect' dengan otot dasar panggul

Apa sih yang dimaksud 'connect' dengan badan? Bidan Chandra menjelaskan, jika seorang ibu melahirkan merasa connected dengan badannya maka ia akan lebih mudah mengetahui posisi bayi. Karenanya, ia akan lebih efisien dalam mengejan.

"Nggak perlu dorongan 'Ayo, ayo'. Dengan napas, kita bisa ngerasa posisi kepala bayinya makin turun ke bawah, itu akan sangat membantu," jelasnya.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT