ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Jun 2022 07:30 WIB

Pakar Penyakit Menular AS Anthony Fauci Positif COVID-19, Begini Kondisinya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Dr Anthony Fauci yakni Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) dan kepala penasihat medis Presiden Amerika Serikat Joe Biden, dinyatakan positif COVID-19. Seperti apa kondisinya kini?

Dalam keterangan pada Rabu (15/6/2022), Fauci yang kini berusia 81 tahun mengalami gejala ringan. Ia menjalani perawatan dan menggunakan obat antivirus Paxlovid. Dijelaskan, Fauci mengetahui dirinya positif berdasarkan tes antigen.

Ia akan bekerja dari rumah dan menjalani protokol agensi, kemudian kembali ke kampus National Institutes of Health setelah ia beroleh hasil tes negatif COVID-19.

Juga diketahui, Fauci belum melakukan kontak dekat dengan Biden atau pejabat senior lainnya baru-baru ini.

Mengingat sepanjang pandemi COVID-19, Fauci senantiasa menegaskan pentingnya kehati-hatian dan telah menunjukkan sikapnya di acara-acara publik. Di antaranya, dengan memilih tidak menghadiri Makan Malam Koresponden Gedung Putih tahunan pada bulan April, atas pertimbangan risiko individu terhadap penularan COVID-19.

"Masing-masing dari kita, dengan cara pribadi kita sendiri, harus membuat penilaian tentang risiko apa yang bersedia Anda terima tentang terinfeksi," ujarnya, dikutip dari CNN, Kamis (16/6).

"Secara umum, risikonya rendah, tetapi saya membuat penilaian pribadi. Saya berusia 81 tahun dan jika saya terinfeksi, saya memiliki risiko yang jauh lebih tinggi," sambung Fauci.

Fauci telah bekerja tanpa henti sepanjang pandemi COVID-19. Pada Mei lalu, ia menyebut dirinya tak punya libur sejak AS diterpa COVID-19. Ia telah menjadi direktur NIAID sejak 1984 dan telah menjadi penasihat tujuh Presiden.

(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT