ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Jun 2022 08:00 WIB

Wanti-wanti dr Boyke Soal FWB, Seks Tanpa Komitmen Dampaknya Seserius Ini

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Topik Hangat Edukasi Seks A-Z
Jakarta -

Video pengakuan sekelompok wanita tentang pengalaman menjalani 'Friends with Benefit' (FWB) viral di media sosial. Video tersebut mengundang banyak komentar netizen yang kebanyakan mengkritik konsep FWB yang dinilai tidak sesuai dengan budaya di Indonesia.

Pakar seks dr Boyke Dian Nugraha, SpOG menyatakan bahwa konsep FWB kurang cocok diterapkan di Indonesia. Komitmen seperti dalam hubungan suami-istri menurutnya sangat penting dalam melakukan hubungan seks.

"Kalau di luar negeri mungkin ya, kalau di indonesia enggak lah ya bukan budaya kita. Relationship dalam seks itu sangat dibutuhkan seperti dalam hubungan suami-istri, dan harus dengan komitmen," ujarnya ditemui detikcom, Kamis (16/6/2022).

Menurut dr Boyke dalam hubungan FWB yang paling dirugikan adalah wanita. Banyak risiko penyakit menular seksual dan gangguan yang dapat menyerang psikis dalam menjalani hubungan FWB.

"Hubungan seperti itu yang paling dirugikan adalah wanita, banyak saya dapat kasus tadinya melakukan seks suka sama suka tapi tidak ada komitmen ke depan jadi sulit. Rugi bisa banyak risiko penyakitnya, banyak yang menyesal di akhir," sambungnya.

dr Boyke juga mengingatkan bahwa seks merupakan sebuah ekspresi cinta. Hubungan seperti FWB yang tidak memiliki komitmen ke depan dan sewaktu-waktu bisa kandas menurutnya hanya banyak membawa kerugian.

"Ingat seks itu ekspresi cinta paling tinggi, seks itu kan relasi, kedua ekspresi cinta paling tinggi, dan ketiga baru rekreasi senang-senang dan tujuan membuat anak. Jika dalam FWB relasi saja untuk komitmen ke depan sudah tidak ada, apaan cuma nambah pengalaman seks doang," pungkasnya.

(mfn/up)
Topik Hangat Edukasi Seks A-Z

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT