ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Jun 2022 18:33 WIB

Dinkes Singkawang Laporkan Satu Kasus Diduga Cacar Monyet

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi cacar monyet Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ZEEDIGN
Jakarta -

Penyakit cacar monyet tengah menjadi perhatian dunia karena kasusnya mendadak menyebar luas dari wilayah Afrika. Indonesia sendiri belum mengkonfirmasi adanya kasus cacar monyet, namun Dinas Kesehatan Singkawang, Kalimantan Barat, telah melaporkan satu kasus suspek atau diduga cacar monyet pada Jumat (17/6/2022).

Kepala Bidang P2 Kesehatan dan KB Singkawang Mursalin mengatakan pasien saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD Yos Soedarso Pontianak. Pasien yang diketahui berjenis kelamin laki-laki tersebut awalnya datang ke Puskesmas Singkawang dan dinyatakan mengalami cacar air.

Namun, bintil-bintilan yang muncul kemudian dinilai lebih banyak dari cacar air biasanya. Sehingga akhirnya pasien dirujuk ke RSUD Yos Soedarso Pontianak untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

"Karena dicurigai sebagai penyakit cacar monyet, sehingga pasien dirujuk dengan protap protokol kesehatan sampai ke RSUD Yos Soedarso. Dan sekarang sudah dirawat di ruang isolasi RSUD Yos Soedarso Pontianak," tutur Mursalin seperti dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (17/6/2022).

Mursalin mengaku masih menunggu hasil pemeriksaan untuk memastikan apakah itu benar-benar kasus cacar monyet. Terlebih pasien tidak memiliki riwayat bepergian dan kontak fisik dekat dengan orang dari luar lingkungannya.

"Mudah-mudahan saja cacar yang dialami pasien merupakan cacar air biasa," pungkasnya.

NEXT: Tanggapan Kemenkes

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keterangan Kemenkes soal Kasus Suspek Cacar Monyet di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT