ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Jun 2022 21:03 WIB

Yeremia Yacob Rambitan Cedera Lutut, Berapa Lama Waktu Pemulihannya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Wakil Indonesia Pram/Yere melaju ke perempatfinal Indonesia Open 2022. Mereka mengalahkan peraih emas Olimpiade Tokyo, Lee Yang/Wang Chi-lin. Yeremia Yacob Rambitan mengalami cedera lutut. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Atlet bulutangkis Yeremia Yacob Rambitan mengalami cedera lutut saat berlaga di Indonesia Open 2022, Jumat (17/6/2022). Itu terjadi saat Yeremia melawan ganda Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di perempat final di Istora Senayan.

Cedera yang dialami Yeremia disebut karena pendaratan kaki yang tidak sempurna. Hal ini membuat ia tidak bisa berdiri sempurna setelah jatuh.

Dokter PP PBSI Grace Joselini Corlesa mengatakan cedera yang dialami Yeremia tidak sampai membuatnya harus dioperasi. Yeremia hanya perlu menjalani terapi untuk mengatasinya.

"Kami langsung mengevakuasi dan mengirim ke rumah sakit untuk diperiksa MRI. Tadi pagi, saya dapat informasi tentang cedera lutut yang dialami Yere. Kami sepakat bahwa Yere harus menjalani terapi selama beberapa bulan," kata Grace dalam konferensi pers yang dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (18/6).

"Jadi, saat ini keputusan kami masih dalam terapi. Artinya, tata laksana konservatif dan tidak ada pelaksanaan operasi dalam hal cedera Yere," lanjutnya.

Grace mengatakan selama terapi, Yeremia akan mendapat pengawasan dan fisioterapi untuk mengembalikan fungsi lututnya seperti semula. Yeremia akan menjalani terapi selama tiga sampai enam bulan mendatang.

"Tadi yang sudah kami diskusikan, dari hasilnya kemungkinan tiga sampai enam bulan. Tapi, itu juga tergantung proses penyembuhan orang, kemampuan Yere dan setiap orang berbeda dan kami akan melihat dulu seperti apa kasus Yere ini," pungkasnya.

Dikutip dari Medicine Net, cedera lutut yang biasa terjadi termasuk keseleo, tegang, bursitis, dislokasi, patah tulang, robekan meniskus, dan cedera berlebih. Cedera lutut ini sangat umum terjadi oleh gaya memutar atau menekuk yang diterapkan pada lutut, atau pukulan serta jatuh akibat olahraga.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT