ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 07:35 WIB

Pernah Gagal Jantung, Bisa Pulih Nggak Sih? Dokter Beberkan Faktanya

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ilustrasi lambang cinta atau jantung Pernah gagal jantung, bisa pulih nggak sih? (Foto: Getty Images/Eoneren)
Jakarta -

Gagal jantung adalah kondisi ketika otot jantung tidak mampu memompa darah secara maksimal. Gagal jantung dibedakan menjadi dua macam, yaitu gagal jantung sistolik dan gagal jantung diastolik.

Gagal jantung sistolik adalah kondisi di mana otot jantung menjadi sangat lemah sehingga menurunnya kekuatan untuk memompa darah. Sedangkan gagal jantung diastolik adalah kondisi otot jantung menebal dan menjadi kaku sehingga berkurangnya kapasitas jantung menerima darah.

Banyak pertanyaan mengenai apakah penyakit gagal jantung dapat sembuh secara total?

Menurut dr Vebiona Kartini Primaputri, SpJP, seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, tidak semua pasien yang mengalami gagal jantung dapat normal kembali.

"Gagal jantung adalah kondisi tahap akhir dari semua penyakit jantung, dalam beberapa kasus tidak semua pasien dapat mendapatkan kondisi normal kembali tapi gejalanya dapat dikontrol," ujar dr Vebi pada diskusi kesehatan online, Rabu (15/6/2022).

"Namun, jika gejalanya dapat dikontrol dengan baik maka akan menurunkan risiko kematian dan hospitalisasi. Ketika risiko tersebut dapat diturunkan, pasien tersebut mempunyai angka kualitas hidup yang lebih tinggi," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tanda-tanda Gagal Jantung yang Harus Kamu Tahu! "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT