ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 11:16 WIB

Agar Anak Indonesia Tak Gampang Baper, Ini Pesan Kak Seto

Christina Butarbutar - detikHealth
Seto Mulyadi alias Kak Seto Kak Seto (Foto: Kintan Nabila/detikHealth)
Jakarta -

Psikolog Seto Mulyadi berharap anak Indonesia memiliki ketahanan yang lebih tinggi di masa mendatang. Ia menekankan pentingnya menanamkan rasa bersyukur pada anak agar tidak mudah mengeluh di keseharian.

"Saya berharap anak Indonesia bisa lebih tangguh, memiliki daya resilience yang lebih tinggi, tidak mudah baper, orangtua itu harus memberi contoh, bisa kan sebentar-sebentar mengeluh, aduh ini aduh itu," kata Kak Seto dalam diskusi dengan media, Jumat (17/6/2022).

"Harus penuh rasa syukur, itu dulu deh yang diajarkan oleh agama, itu dulu yang penting," lanjutnya.

Kak Seto berpesan agar orangtua bisa menjadi rumah seutuhnya bagi anak. Artinya, anak tidak mencari pelarian di gadget khususnya media sosial dengan risiko paparan bullying, kekerasan, dan sebagainya.

"Jika anak nyaman, berada di keluarga yang seperti penuh persahabatan, dia nggak akan keluar mencari lingkungan lain," kata Kak Seto.

Terlebih, di usia anak yang menginjak remaja dan tengah mencari identitas diri, keluarga memiliki peran penting agar mereka mendapat ruang untuk didengarkan, alih-alih terjerumus hal negatif di lingkungan luar keluarga.



Simak Video "Kondisi yang Memicu Post-Holiday Blues Usai Liburan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT