ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Jun 2022 06:02 WIB

Awas! Jangan Abaikan Kesemutan yang Seperti Ini, Bisa Jadi Penyakit Serius

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Close up beautiful business woman legs pain because wearing high heel all day. Female pain with ankle because walk too much. Massaging legs. Kesemutan yang seperti ini bisa jadi penyakit serius (Foto: Getty Images/iStockphoto/chanakon laorob)
Jakarta -

Sesekali merasa kesemutan di tangan dan kaki adalah hal biasa. Namun, bukan berarti kesemutan tak bisa menandakan penyakit serius. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kesemutan, salah satunya neuropati.

Neuropati adalah kerusakan saraf tepi dengan gejala seperti kebas dan kesemutan yang bisa menyebabkan disfungsi sensorik, motorik, dan otonom. Apabila tidak diobati, bisa memicu dampak negatif pada fisik dan juga emosional pengidapnya.

"Neuropati adalah sebutan untuk kerusakan pada sistem saraf tepi. Bisa mengenai sistem sensorik yaitu perasa, sistem motorik, sistem otonom, atau kombinasi secara semuanya," tutur dr Manfaluthy Hakim, SpS(K), Ketua Pokdi Neuro Fisiologi Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), dalam acara webinar, Senin (20/6/2022).

Adapun gejala neuropati tahap awal dapat berupa kesemutan dan mati rasa pada kedua kaki, tangan, daerah tubuh tertentu, hingga ke area wajah.

"Paling awal itu terjadi merasa kesemutan. Awalnya hilang timbul, tapi lama-lama semakin menetap. Kemudian mati rasa," ucap dr Hakim.

"Bisa terjadi pada kedua kakinya, kedua tangan, atau pada daerah-daerah tertentu, atau lebih luas sampai ke arah wajah," sambungnya.

Namun, apabila penyakit tersebut sudah memasuki tahap lanjut, pengidapnya kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk bergerak, kehilangan keseimbangan, respons otak melambat, hingga sering buah air kecil.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT