Cara Menghindari Asam Urat Tinggi, Cukup Rutin Lakukan 5 Hal Ini

ADVERTISEMENT

Cara Menghindari Asam Urat Tinggi, Cukup Rutin Lakukan 5 Hal Ini

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 22 Jun 2022 12:51 WIB
Tanda asam urat
Cara menghindari asam urat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)
Jakarta -

Cara menghindari asam urat tinggi menjadi topik yang kerap dicari oleh banyak orang. Pasalnya, penyakit ini terkadang menjadi masalah bagi para pengidapnya lantaran bisa memicu rasa nyeri yang berlebihan di area persendian. Bahkan, bisa terjadi pembengkakan apabila sudah tergolong parah.

Dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (7/2/2022), penyakit asam urat (gout) umumnya terjadi pada bagian jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan atau tangan. Bagian tulang belakang juga bisa terkena asam urat meski kasus ini sangat jarang ditemukan.

Adapun penyebab utama asam urat tinggi adalah kelebihan kadar asam urat di dalam darah. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh makanan tertentu hingga obat-obatan. Oleh karenanya, cara menghindari asam urat menjadi penting diketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghindari Asam Urat Tinggi

Umumnya, seseorang akan diresepkan obat oleh dokter ketika mengidap penyakit asam urat. Namun, penggunaan obat tersebut juga tak akan efektif apabila tak dibarengi pola hidup sehat. Berikut sejumlah cara menghindari asam urat tinggi yang bisa dicoba.

1. Banyak Minum Air Putih

Meningkatkan asupan air membantu menjaga kesehatan ginjal, serta membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Asupan cairan harian yang direkomendasikan bervariasi tergantung pada usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Cara menghindari asam urat selanjutnya adalah menjaga berat badan yang sehat melalui diet atau olahraga tertentu. Menurut penelitian, penurunan berat badan yang berlebihan secara bertahap adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko asam urat tinggi.

3. Hindari Makanan Pemicu Asam Urat

Hindari makanan yang dapat memicu serangan asam urat. Adapun makanan yang perlu dihindari, seperti daging merah, makanan laut, jeroan, serta minuman dan makanan manis.

4. Hindari Obat-obatan Pemicu Asam Urat

Selain makanan, hindari juga meminum obat yang diyakini sebagai pemicu asam urat, seperti obat diuretik hingga obat yang berhubungan dengan hiperurisemia.

5. Berolahraga

Cobalah untuk berolahraga secara teratur setiap hari sebagai cara menghindari asam urat tinggi. Ada sejumlah pilih olahraga yang bisa dilakukan, yaitu berjalan kaki, bersepeda, dan berenang.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT