Jumat, 24 Jun 2022 11:06 WIB

3 Fakta WHN, Organisasi Kesehatan 'Tandingan' WHO

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Male doctor holding monkeypox vaccine. Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/kemalbas
Jakarta -

Baru-baru ini, muncul sebuah organisasi yang menyebut dirinya sebagai World Health Network (WHN) atau Jaringan Kesehatan Dunia. WHN ini disebut-sebut sebagai tandingan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikutip dari laman resminya, WHN merupakan sebuah jaringan kolaborasi antara tim peneliti dan warga negara untuk mempromosikan kesehatan dan mencegah bahaya yang bersifat independen.

Seperti halnya WHO, WHN juga ikut mengamati perkembangan dari wabah cacar monyet yang sudah menyebar ke banyak negara. Bahkan, WHN juga telah mendeklarasikan cacar monyet sebagai pandemi, seperti COVID-19.

"Wabah ini berkembang pesat di berbagai benua dan tidak akan berhenti tanpa tindakan global bersama. Wabah tidak akan berhenti tanpa tindakan global," tulisnya yang dikutip dari laman resmi WHN, Jumat (24/6/2022).

Berikut tiga fakta penting soal WHN yang perlu diketahui, yakni:

Menyebut Diri Sebagai Komunitas Kesehatan Global

WHN menyebut dirinya sebagai komunitas global yang mengabdikan diri untuk melindungi kesehatan dan meminimalkan bahaya, bagi individu dan masyarakat, yang dibentuk sebagai satuan tugas masyarakat dalam menanggapi pandemi COVID-19.

"Kami menganjurkan tanggapan yang efektif untuk mencapai eliminasi progresif penyakit secara global," katanya.

Anggota dari WHN

WHN ini terdiri dari tim penasihat dan advokasi ilmiah independen, serta inisiatif aksi warga. Para anggota dari WHN ini juga terlibat dalam komunikasi publik untuk mempromosikan kesehatan individu dan masyarakat.

"Anggota kami telah memandu upaya eliminasi yang berhasil, menasihati pemerintah, membangun platform data yang dapat diakses, mengadvokasi tindakan pencegahan di udara dan keselamatan sekolah, menghasilkan dokumen konsensus ilmiah, dan terlibat dalam komunikasi publik dan upaya berbasis komunitas untuk mempromosikan kesehatan individu dan masyarakat," jelasnya.

Adapun sekitar 43 organisasi yang bergabung di dalam WHN, di antaranya:

  • COVID ACTION GROUP
  • Long COVID Ireland
  • End Coronavirus.org
  • WHWB (Workplace Health Without Borders)
  • Zero COVID Canada
  • EveryDoctor
  • National Nurse United
  • GreenZones.org

Mengaku Sebagai Badan yang Independen

WHN juga mengaku sebagai badan yang independen. Artinya, WHN tidak berhubungan dengan badan politik maupun pemerintah mana pun, meski anggotanya mungkin memiliki afiliasi semacam itu.

"Kami dipandu oleh belas kasih, ketelitian ilmiah, transparansi, tanggung jawab sosial, dan nilai kehidupan, yang kurang dalam banyak strategi pandemi," pungkasnya.



Simak Video "Epidemiolog Beberkan Alasan Cacar Monyet Tak Bisa Jadi Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)