6 Obat Batuk Berdahak, Ampuh Redakan Gejala dengan Cepat

ADVERTISEMENT

6 Obat Batuk Berdahak, Ampuh Redakan Gejala dengan Cepat

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Jumat, 24 Jun 2022 12:26 WIB
A glass cup of tea with lemon, mint, ginger and honey on wooden rustic table.
Obat batuk berdahak alami (Foto: iStock)
Jakarta -

Batuk berdahak merupakan kondisi paru-paru mengalami infeksi sehingga memproduksi dahak lebih banyak daripada biasanya. Terdapat sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak.

Dikutip dari Medical News Today, batuk sebenarnya memiliki peran bagi tubuh, yaitu untuk membersihkan iritasi dan infeksi dari tubuh. Namun, jika batuk yang terjadi berlanjut secara terus-menerus tentunya harus segera ditangani. Penanganan batuk berdahak ternyata dapat dilakukan secara mandiri di rumah, jika dirasa batuk tersebut belum begitu parah.

Obat Batuk Berdahak

Berikut beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menjadi obat batuk berdahak.

1. Minum Air Hangat

Tetap terhidrasi sangat penting bagi mereka yang sedang mengalami batuk dan pilek. Sebuah riset menunjukkan bahwa minum air pada suhu kamar dapat meredaka batuk, pilek, dan bersin.

Namun, beberapa orang merasa lebih banyak mengambil manfaat jika air yang mereka minum memiliki suhu lebih panas. Studi mengungkapkan bahwa minuman panas dapat mengurangi lebih banyak gejala, seperti sakit tenggorokan, kedingingan, dan kelelahan.

2. Menghirup Uap

Uap dapat menjadi cara alternatif untuk obat batuk berdahak. Mandi air hangat dan biarkan kamar mandi terisi uap, hal itu dinilai dapat meredakan gejala batuk berdahak.

Cara lain untuk menghirup uap selain mandi air hangat adalah dengan membuat mangkuk uap. Caranya, tuangkan air panas ke dalam mangkuk besar dan boleh untuk menambahkan minyak esensial, seperti minyak kayu putih atau rosemary.

Letakan handuk di atas kepala ketika sedang menghirup uap dari mangkuk tersebut sebagai cara untuk menjebak uap. Lakukan hal tersebut selama 5 menit atau hingga mangkuk tersebut tidak mengeluarkan uap lagi.

3. Akar Marshmallow

Akar marshmallow adalah ramuan yang memiliki sejarah panjang digunakan sebagai pengobatan untuk batuk dan sakit tenggorokan. Ramuan ini dapat meredakan iritasi sehingga dapat menjadi obat batuk berdahak yang kandungan lendirnya tinggi.

Akar marshmallow juga tersedia ramuan kering atau teh dalam kantong. Caranya adalah dengan menambahkan air panas ke dalam ramuan tersebut, kemudian minum segera atau menunggu hingga dingin terlebih dahulu.

4. Air Garam

Air garam adalah cara sederhana yang bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak dan sakit tenggorokan. Air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan, sehingga dapat mengurangi gejala batuk berdahak.

Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan larutan hingga dingin sebelum digunakan untuk berkumur.

Tahap campuran tersebut di bagian tenggorokan selama beberapa saat sebelum dimuntahkan. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali dalam sehari hingga batuk membaik.

5. Bromelin

Bromelin adalah enzim yang berasal dari nanas karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antimukolitik, sehingga dapat menjadi obat batuk berdahak karena kedua sifat tersebut dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Memakan nanas langsung atau membuat jus nanas dapat dilakukan, namun mungkin tidak cukup untuk mendapatkan bromelin yang banyak. Suplemen bromelin telah tersedia dan bisa menjadi obat batuk berdahak yang efektif.

Sebelum meminum suplemen tersebut, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu karena beberapa orang mungkin alergi terhadap bromelin.

6. Thyme

Thyme merupakan obat batuk umum untuk batuk, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan. Untuk mengobati batuk menggunakan thyme, carilah sirup obat batuk yang mengandung ramuan ini.

Sebagai alternatif, buat teh thyme dengan menambahkan 2 sendok teh thyme kering ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 10 menit sebelum disaring dan diminum.

Itulah 6 bahan alami yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk obat batuk berdahak.



Simak Video "Tim Advokat Ungkap Kondisi Korban Kasus Gagal Ginjal Akut Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT