ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Jun 2022 20:30 WIB

Biang Kerok Kasus Harian COVID-19 Nanjak Lagi hingga Tembus 2 Ribu

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Perbedaan Omicron dan Delta penting untuk diketahui. Saat ini, varian omicron tengah melanda Indonesia. Kemenkes pun memberi peringatan hingga wanti-wani. Ilustrasi virus Corona subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Jakarta -

Belakangan ini kasus COVID-19 di Indonesia naik lagi. Berdasarkan data per Jumat, (24/6/2022), tercatat sebanyak 2.069 kasus baru COVID-19 di Indonesia. Disebut-sebut pemicunya adalah subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, lantas benarkah demikian?

Merujuk pengalaman gelombang 1,2, hingga 3 COVID-19 di Indonesia, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) dr Mohammad Syahril, menjelaskan bahwa kenaikan biasanya terjadi akibat varian maupun subvarian baru. Namun, karena subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 baru ditemukan sebanyak 143 kasus, sehingga sampai saat ini masih belum bisa dikatakan kalau kenaikan ini disebabkan oleh BA.4 dan BA.5.

"Jadi kenaikan ini biasanya pengalaman kita yang lalu, Januari-Juli, Januari-Juli, ditandai dengan kenaikkan dan juga varian maupun subvarian baru. Cuma saat ini karena kasusnya masih 143, kita belum bisa men-declare mengatakan semua kasus di kita itu adalah BA.4 dan BA.5," tuturnya, baru-baru ini.

Meskipun demikian, dr Syahril menghimbau untuk tidak khawatir dengan adanya subvarian Omicron baru. Pasalnya, subvarian ini masih satu 'keluarga' dari Omicron atau strain aslinya, sehingga pencegahan, pengendalian, dan pengobatannya masih sama

"Waktu itu tunggu dulu ya, tunggu sabar, apakah nanti semuanya menjadi BA.4 maupun BA.5, tapi bagaimanapun tetap, artinya ini satu rukun, BA.1, BA.2, maupun BA.4-BA.5 itu mirip-mirip. Jadi, bagaimana pencegahannya, pengendaliannya, dan juga bagaimana pengobatan-tatalaksananya itu sama," sambungnya lagi.



Simak Video "Indonesia Didominasi Varian Omicron, Termasuk BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya