ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 11:00 WIB

Jangan Panik! Pasien Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri Usai 2-4 Minggu

Vidya Pinandhita - detikHealth
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology. Penjelasan Kementerian Kesehatan RI perihal cacar monyet bisa sembuh dengan sendirinya (self limiting disease). Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI melaporkan, hingga kini tak ditemukan kasus cacar monyet di Indonesia, baik konfirmasi maupun probable. Namun mengingat penyakit ini kini mewabah di sejumlah negara yang sebelumnya tak hidup dengan cacar monyet sebagai penyakit endemik, Kemenkes menyorot risiko komplikasi yang bisa menyusul jika cacar monyet ditemukan di RI kelak.

"Yang perlu diperhatikan apabila nanti ada yaitu komplikasi adanya infeksi sekunder atau bronkopneumonia, atau sepsis," ujar juru bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtual terkait 'Update Penanganan COVID-19, Hepatitis Akut dan Cacar Monyet di Indonesia', Jumat (24/6).

"Karena ini adalah komplikasi dari cacar monyet yang bisa terjadi khususnya bagi orang yang sedang imunitas turun atau komorbid," sambungnya.

Namun Syahril menyampaikan, cacar monyet adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Pada negara-negara yang sudah melaporkan, tercatat hanya 10 persen yang memerlukan perawatan di rumah sakit. Meski begitu, penyakit ini tetap wajib diwaspadai lantaran amat menular dan menimbulkan ketidaknyamanan.

"Cacar monyet ini sembuh sendiri atau self limiting disease. Setelah 2-4 minggu setelah masa inkubasinya selesai, penyakit ini akan sembuh sendiri jadi tidak terlalu berat," beber Syahril.

"Dari negara tadi yang melaporkan, hanya 10 persen yang dirawat di rumah sakit dan sampai saat ini juga belum ada kematian dari kasus yang sudah dilaporkan tadi. Sehingga kita tetap tenang, jangan panik, tapi tetap waspada karena ini sangat menular dan membuat nggak nyaman bagi kita semua," pungkasnya.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT