ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 20:22 WIB

Sukses Bayi Tabung dengan Layanan Holistic Fertility Morula Indonesia

Jihaan Khoirunnisa - detikHealth
Morula Indonesia Foto: Morula Indonesia
Jakarta -

Guna memaksimalkan kesuksesan program bayi tabung (IVF), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pasangan suami-istri. Salah satunya dengan menjalani perawatan peremajaan organ reproduksi, serta tak lupa memenuhi kebutuhan nutrisi.

Pemenuhan nutrisi bagi tubuh tersebut bisa dilakukan melalui konsumsi obat-obat Adjuvan atau suplemen seperti Dehydroepiandrosterone (DHEA), Coenzym Q10, dan injeksi growth hormone. Serta konsumsi multivatimin seperti Zink dan injeksi Vitamin C, dan melakukan prosedur PRP (Platelet Rich Plasma) yang telah direkomendasikan oleh dokter.

Jurnal medis Upsala Journal of Medical Sciences menyebutkan dehydroepiandrosterone (DHEA) sebagai hormon steroid endogen yang diproduksi, terutama di kelenjar adrenal, gonad, dan otak. Hormon tersebut dipercaya dapat meningkatkan folikel karena mampu mendorong produksi insulin-like growth factor-1 (IGF-1) dan meningkatkan produksi estradiol dalam sel granulosa, serta bertindak sebagai precursor androstenedione dan testoteron dalam sel ovarium.

Selain itu, pra-perawatan dengan DHEA dapat mengurangi embrio aneuploid (tidak normal). Caranya dengan memperbaiki lingkungan mikro ovarium yang merupakan tempat pematangan folikel, sehingga mengoptimalkan proses bayi tabung (IVF). Adapun Zink diperlukan untuk mengatur fungsi hormon yang memastikan ovulasi terjadi secara teratur dan terjadi pembuahan.

Sementara peranan Coenzyme Q10 bagi organ reproduksi yaitu melindungi sel telur dari efek radikal bebas. Menurut salah satu journal, Coenzyme Q10 bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sel telur, kualitas ovulasi, dan angka kehamilan. Selain itu juga berperan dalam menurunkan angka keguguran dini.

Di sisi lain, growth hormone berperan pada fungsi ovarium. Pada beberapa literatur disebutkan fungsi growth hormone dalam meningkatkan kematangan sel telur dan jumlah embrio yang bisa ditransfer pada pasien dengan kondisi poor responder. Serta bermanfaat bagi kasus-kasus bayi tabung yang gagal berulang (Recurrent Implantation Failure).

Dalam merencanakan kehamilan, vitamin C atau asam askorbat merupakan zat gizi penting yang dibutuhkan. Para pakar telah lama mengetahui vitamin C merupakan bahan baku penting pada pembentukan kolagen tubuh. Yakni bahan dasar dari tulang, kulit, pembuluh darah, dan jaringan lainnya.

Tubuh juga memerlukan vitamin C untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti memproduksi kolagen, L-carnitine, beberapa hormon dan zat kimia penting pada otak dan saraf, serta membantu penyerapan zat besi. Selain itu juga meningkatkan kekebalan tubuh dengan menstimulasi aktivitas sel darah putih, mempercepat penyembuhan luka dan sebagai antioksidan, dan membantu menetralkan radikal bebas.

Vitamin C juga dikenal memiliki sifat antioksidan, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Di luar manfaat-manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat vitamin C ternyata juga berperan penting terhadap kesuburan pria dan wanita. Vitamin C ini terbukti meningkatkan hormon progestron, sehingga dapat memperbaiki kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Bagi pasangan suami istri yang sedang berusaha hamil, berikut ini beberapa vitamin yang dapat membantu kehamilan. Morula Indonesia menyediakan paket perawatan lengkap untuk memaksimalkan program bayi tabung (IVF), dengan meluncurkan paket Terapi Adjuvan Reproduksi dan Platelet Rich Plasma (PRP) Endometrium.

"Kami hadirkan Paket Terapi Adjuvan Reproduksi yang sangat berguna untuk peremajaan organ reproduksi wanita dan menunjang efektifitas program bayi tabung (IVF) terhadap pasien poor responder. Dengan penambahan multivitamin atau antioksidan yang bermanfaat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas melalui pemberian suplemen ataupun injection," kata CEO Morula Indonesia DR. dr. Ivan Rizal Sini, SpOG, MD, FRANZCOG, GDRM, MMIS dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/6/2022).

"Kata 'adjuvan' sendiri berasal dari bahasa Latin adiuvare, yang berarti 'membantu'. Dalam terapi ini, diharapkan dapat membantu mempersiapkan kondisi Moms yang ingin segera hamil dengan program bayi tabung (IVF). And on top of it, layanan ini menjadi satisfied patients along the clinical journey," lanjut dr. Ivan.

Sedangkan Platelet Rich Plasma (PRP) Endometrium adalah pengobatan untuk endometrium tipis dengan memasukkan cairan PRP ke dalam rahim. Untuk diketahui PRP merupakan plasma darah yang kaya akan trombosit, terdiri dari plasma darah mengandung air dan protein serta trombosit yang berfungsi untuk membekukan darah dan proses penyembuhan. PRP juga mengandung growth factor yang membantu regenerasi jaringan.

"Penggunaan PRP di bidang kedokteran telah dimanfaatkan di berbagai bidang terutama untuk penyembuhan, dan saat ini juga dikenal bisa dipergunakan untuk kecantikan kulit. Sedangkan di bidang reproduksi, PRP dipergunakan untuk pengobatan endometrium dan rejuvenasi ovarium, Di Morula, Pelayanan PRP Endometrium digunakan untuk mempertebal endometrium pada pasien yang mengikuti program FET (Frozen Embryo Transfer/ Transfer embrio beku) supaya meningkatkan peluang keberhasilan pada program bayi tabung (IVF)," jelas dr. Ivan.

Morula Indonesia semakin matang menciptakan layanan ekosistem yang mumpuni dan nyaman untuk para pasien, yakni dengan menyediakan program penunjang bayi tabung (IVF) dan VIP Executive Lounge di Morula IVF Jakarta yang akan diimplementasikan terhadap cabang-cabang lainnya secara bertahap.

Morula IndonesiaSoft Launching Morula VIP Executive Lounge Foto: Morula Indonesia

Program perawatan bayi tabung (IVF) yang diberikan di VIP Executive Lounge Morula IVF Jakarta ini dikhususkan bagi pasien wanita, dengan sistem membership dan paket pilihan:

  1. Paket Terapi Adjuvant Reproduksi Basic: Oral Dhea, Oral Zinc, Oral Co-enzym, Growth Hormon Injection, dan Multivitamin Injection dengan harga promo Rp 13.000.000 (Harga normal Rp 16.000.000)
  2. Paket Terapi Adjuvant Reproduksi Basic Plus: Paket Basic ditambah dengan Nutrionist Doctor Consult, dan Acupunture Treatment, dengan harga promo Rp 18.150.000 (Harga normal Rp 21.150.000)
  3. Paket PRP Endometrium: 3 kali Tindakan PRP, dengan harga promo Rp 10.000.000 (Harga normal Rp 13.000.000)

Untuk informasi lebih lanjut dan melakukan booking layanan, silakan menghubungi Morula IVF Assistant (MIA) 150-IVF atau 150-483, Senin-Sabtu pukul 07.00 - 20.00 WIB. Yuk tahun ini hamil, salam 2 garis!

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT