ADVERTISEMENT

Senin, 27 Jun 2022 13:15 WIB

Sakit Hati Gegara Omongan 'Anonymous' di NGL Instagram? Ini Pesan Psikolog

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi Putu Nova membeli narkoba melalui Instagram. Catatan psikolog untuk pengguna Instagram yang sakit hati imbas pesan menyakitkan di fitur Not Gonna Line (NGL). Foto: dok. Pexels-Pixabay
Topik Hangat Tren Pesan Anonim
Jakarta -

Instagram kini diramaikan oleh aksi saling berbagi pesan dan pertanyaan dari 'anonymous', tak lain melalui fitur aplikasi Not Gonna Lie (NGL). Namun di samping maraknya pertanyaan dan respons jenaka hingga suportif, ada juga yang menerima pernyataan mengejek dan melecehkan hingga timbul rasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara menyikapi hal ini agar tak memicu sakit hati berkepanjangan?

Psikolog Anasastasia Sari Dewi, founder pusat konsultasi Anastasia and Associate menjelaskan pada dasarnya, setiap perilaku memiliki risiko. Dalam hal ini, aksi membuka fitur NGL memberikan peluang untuk orang lain melakukan hal-hal yang mungkin menyakitkan, di luar prediksi.

"Menurut saya, kita ngomong untuk yang sudah (dibuat) tidak nyaman, semua hal yang kita lakukan itu perilaku ada risikonya. Mungkin risikonya bisa kita ukur sebelumnya atau kita kira-kira, tetapi bisa saja ada orang di luar sana di luar prediksi kita yang kita nggak pernah terpikir, melakukan hal-hal yang menyakitkan kita atau di luar prediksi kita. Salah satunya adalah diejek atau dilecehkan," terang Sari pada detikcom, Senin (27/8/2022).

Harus Bagaimana Menyikapinya?

Saran pertama dari Sari, abaikan pesan-pesan yang menyakitkan. Dengan begitu, pesan tersebut tak perlu dijawab atau disebarkan kembali di media sosial lantaran berisiko memicu perdebatan atau perkelahian. Selanjutnya, pertimbangkan bahwa membuka fitur NGL bisa membuka peluang bagi orang lain untuk mengirimkan pesan tidak mengenakkan.

"Kalau ternyata di luar sana sudah ada beberapa pertanyaan yang tidak enak untuk dibaca, lebih baik dipertimbangkan lagi. Ini kemungkinan bertambah bisa saja ada, mau saya hentikan atau saya mau tetap tidak terganggu dan tidak terusik dengan pertanyaan seperti ini," jelasnya.

"Nah apa pun risikonya nanti, saya sarankan untuk bisa memilih mengabaikan, tetap main, atau betul-betul berhenti total sama sekali," pungkas Sari.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Topik Hangat Tren Pesan Anonim

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT