ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 09:45 WIB

Bipolar Seperti Marshanda Juga Punya 'Fase Normal', Tak Melulu Manik-Depresif

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Marshanda Hidup Sehat, Minum Jus Hijau dan Bikin Susu Almond Sendiri Marshanda mengidap bipolar. (Foto: Instagram marshanda99)
Jakarta -

Pihak keluarga buka suara terkait kabar menghilangnya Marshanda di Amerika Serikat. Sang adik, Alyssa, mengklarifikasi jika kondisi Marshanda baik-baik saja dan sebenarnya tidak menghilang.

"Pernyataan klarifikasi, terkait dengan adanya pemberitaan soal hilangnya anak/kakak/keluarga kami, Marshanda yang hilang di Amerika Serikat, yang beredar di media sosial pada hari ini, Senin, 27 Juni 2022. Kami selaku keluarga ingin mengklarifikasi dan menginformasikan bahwa saat ini Marshanda baik-baik saja dan tidak menghilang," buka Alyssa, dalam Instagram Stories miliknya.

Marshanda sebelumnya sempat disebut tengah dalam episode manik bipolar. Di luar kasus tersebut, apakah pengidap bipolar selalu berada di fase manik atau depresif?

Psikiater dr Andri SpKJ dari RS EMC Alam Sutera mengungkap pengidap bipolar tidak selalu dalam keadaan episode manik atau depresif. Mereka juga memiliki fase normal dalam periode tertentu dengan bantuan pengobatan.

Seperti diketahui, episode manik pada pengidap bipolar terjadi saat mood sedang tinggi atau merasa sangat bersemangat sementara episode depresif adalah sebaliknya. dr Andri menjelaskan, pengidap bipolar di fase depresif cenderung mengalami keputusasaan berlebihan, sehingga muncul ide bunuh diri.

"Pada orang bipolar itu ada kondisi fase normalnya juga, jadi bukan dalam kondisi depresi dan manik, kadang-kadang ada fase normalnya, ya itulah makanya membutuhkan pengobatan yang terus menerus, supaya pada fase normalnya itu jauh lebih lama, daripada fase sakitnya, baik sakit maniknya atau saat lagi fase depresif," tutur dr Andri kepada detikcom Senin (27/6/2022).

Ia berpesan, pengidap bipolar wajib mengonsumsi obat penyeimbang mood yang diberikan oleh dokter demi menjaga fase normal mereka berlangsung lebih lama.

"Saran saya sebenarnya ya kan teman-teman kita yang mengalami gangguan bipolar ini banyak di luar sana, obat yang paling penting dimakan itu adalah obat untuk mengatasi gejala yang naik turunnya itu, itu obat penyeimbang mood yang diberikan oleh dokter," lanjutnya.



Simak Video "Mengenal Fase Manik Bipolar yang Sempat Dialami oleh Marshanda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya