ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 15:15 WIB

Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Duh Hoaks, Ini Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Harga Durian Musang King dan Black Thorn Naik di Singapura Apakah durian mengandung kolesterol? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Durian merupakan salah satu buah yang kerap digemari oleh banyak orang. Meski memiliki bau yang menyengat, sebenarnya durian memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sayangnya, banyak mitos tentang buah durian yang membuat banyak orang takut terhadap efek makan buah tersebut. Salah satunya buah durian mengandung kolesterol, Lantas, apakah durian mengandung kolesterol?

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ir Ahmad Sulaeman, MS, PhD, beberapa waktu lalu menanggapi terkait apakah durian mengandung kolesterol tinggi atau tidak.

Menurutnya, durian kerap kali mendapatkan stigma sebagai gudangnya kolesterol. Padahal, buah berduri ini justru memiliki sumber energi yang baik, mengandung vitamin C, dan serat yang bagus untuk kesehatan.

"Selama ini, durian memang selalu dipersepsikan sebagai penyebab berbagai penyakit, terutama hipertensi, kolesterol, dan sebagainya," ujarnya.

"Ini membuat banyak orang takut makan durian. Durian ya sama seperti makanan lain, bergizi, baik, dan bermanfaat untuk kesehatan. Yang sudah diketahui secara umum bahwa durian ini mempunyai sifat afrodisiak yang bisa membangkitkan gairah, menambah semangat dan menaikkan keharmonisan suami istri," tambahnya.

Selain itu, buah durian ini juga memiliki sifat afrodisiak yang bisa membangkitkan gairah seseorang, sehingga bisa menambah semangat dan menaikkan keharmonisan suami dan istri.

"Yang sudah diketahui secara umum bahwa durian ini mempunyai sifat afrodisiak yang bisa membangkitkan gairah, menambah semangat dan menaikkan keharmonisan suami istri," lanjutnya lagi.

Masih kata Prof Ahmad, bukan berarti seseorang tidak boleh makan durian sama sekali namun yang terpenting adalah makan tidak secara berlebihan. Kalau untuk masalah kolesterol, justru tidak perlu dikhawatirkan karena durian tidak mengandung kolesterol sama sekali.

"Kalau kita khawatir, 'aduh takut kolesterol tinggi', saya pastikan durian tidak mengandung kolesterol karena dia bahan nabati, kolesterol hanya ada pada hewani. Kalaupun ada justru itu fitosterol yang malah baik mencegah atau mengurangi kolesterol," tandasnya.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya