ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 10:30 WIB

Viral Pria Jakarta Kena Herpes Zoster, Awalnya Mengira Jerawat Biasa

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Seorang pria terkena herpes zoster, mulanya mengira jerawat biasa. Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral di TikTok seorang pria mengeluhkan munculnya jerawat tidak biasa di bagian wajah. 'Jerawat' tersebut berada di area kelopak mata hingga kening.

Bentuknya memang mirip seperti jerawat, tetapi pemilik akun @cimolkentang menyebut isi benjolan seperti jerawat ini berisikan lenting air.

Ia lantas langsung berkonsultasi ke fasilitas kesehatan untuk berobat. Benar saja, rupanya 'benjolan-benjolan' yang muncul bukan merupakan jerawat biasa, melainkan infeksi virus herpes zoster.

"Awalnya ngira ini jerawat biasa, tapi setelah dilihat-lihat kok beda jerawatnya isinya lenting air, dan pada akhirnya gue berobat," tutur pria bernama Setya dalam video viralnya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Selasa (29/6/2022).

Setya menjelaskan, infeksi virus herpes zoster bisa dikenali saat muncul satu titik atau benjolan mirip jerawat di satu bagian tubuh. Dalam kasus Setya, berada di area wajah.

Menurutnya, sang dokter menyebut kemungkinan penularan terjadi akibat penggunaan barang bersama seperti handuk hingga baju.

"Ini baru pulih setelah seminggu. Saat dipegang panas saja, seperti luka bakar," tuturnya kepada detikcom Rabu (30/6/2022).



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT