ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 14:30 WIB

Fakta-fakta Herpes Zoster, Dikeluhkan Pria Jakarta Usai Disangka Jerawat

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Seorang pria terkena herpes zoster, mulanya mengira jerawat biasa. Fakta-fakta herpes zoster, dikeluhkan pria Jakarta usai disangka jerawat. Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral di TikTok seorang pria mengeluhkan munculnya benjolan seperti jerawat di bagian wajah. Adalah Setya, pria asal Jakarta yang mengeluhkan benjolan di dahi hingga kelopak matanya selama kurang lebih satu minggu.

Pemilik akun @cimolkentang tersebut menyatakan isi benjolan seperti jerawat ini berisikan lenting air. Setelah berkonsultasi ke dokter, benar saja, rupanya 'benjolan-benjolan' yang muncul bukan merupakan jerawat biasa, melainkan infeksi virus herpes zoster.

"Awalnya merah kaya jerawat saja sih, keesokan harinya muncul lenting kecil dan makin besar. Panik karena muncul di kelopak mata," ceritanya kepada detikcom Rabu (29/6/2022).

"Aku search, sudah ngeduga sih ini ke herpes soalnya ciri-cirinya mirip. Pas ke dokter benar didiagnosis herpes zoster," sambungnya.

Setya bercerita, jika benjolan tersebut dipegang, muncul rasa panas seperti luka bakar atau lepuh. Untungnya, kondisi sudah membaik dan waktu pemulihan tidak lebih dari satu bulan.

Apa itu Herpes Zoster?

Herpes zoster disebut juga cacar ular, yakni penyakit yang muncul dengan gejala ruam dan bintil berisi air disertai nyeri di satu sisi tubuh. Pemicunya dikarenakan infeksi virus varicella zoster, yang juga 'biang kerok' cacar air.

Herpes zoster umumnya tidak mematikan, tetapi bisa sangat mengganggu. Penyakit ini rentan dialami usia 50 tahun ke atas, mereka yang sedang stres hingga memiliki daya tahan tubuh lemah.

Cara Mengobati Herpes Zoster

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), beberapa obat antivirus seperti; acyclovir, valacyclovir, and famciclovir bisa mempercepat penyembuhan dan menurunkan tingkat keparahan penyakit.

Obat-obatan ini paling efektif jika Anda mulai meminumnya sesegera mungkin setelah ruam muncul. Untuk meringankan gatal bisa dengan melakukan kompres basah, menggunakan lotion calamine, dan mandi air hangat dengan oatmeal yang dihaluskan.



Simak Video "Ada 17 Suspek Cacar Monyet di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT