ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 16:30 WIB

Viral Wanita Riau Buncit Mirip Bumil Ternyata Idap Kista, Penyakit Apa Itu?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Seorang wanita asal Riau memiliki perut besar, mulanya dikira karena jarang BAB. Ternyata kista 30 cm bersarang di luar rahim, Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral di TikTok wanita bernama Putri May Laras (25) mengalami perut buncit yang dikira sedang hamil. Awalnya, ia tidak menyadari ada yang salah dengan dirinya lantaran perutnya memang sering terlihat buncit. Namun, seiring berjalannya waktu, perutnya terlihat semakin membesar dan terasa keras.

Terlebih, wanita asal Pekanbaru, Riau, ini jarang sekali buang air besar. Akan tetapi, lingkar perutnya yang terus membesar hingga muncul rasa sakit.

"Tetapi makin hari makin sakit, sampai akhirnya ke dokter penyakit dalam," tutur pemilik akun TikTok @pejuanghalaall.

Siapa sangka, ternyata ada kista yang 'bersarang' di luar rahimnya dengan ukuran 30 sentimeter.

Apa Itu Kista?

Dikutip dari Medical News Today, kista merupakan benjolan yang tertutup, biasanya terisi dengan cairan, bahan semi padat atau gas, yang bisa tumbuh hampir di bagian tubuh mana saja atau di bawah kulit.

Benjolan tersebut umumnya memiliki ukuran yang bervariasi, dari mikroskopis hingga sangat besar seperti bola sepak. Kebanyakan kista bersifat jinak, namun beberapa kista juga bisa menjadi kanker atau prakanker.

Penyebab Kista

Kista bisa disebabkan akibat infeksi, kelenjar sebasea (kelenjar penghasil sebum atau minyak) yang tersumbat, atau tindikan. Kebanyakan kasus, kista tak memicu rasa sakit kecuali pecah, terinfeksi, atau meradang.

Selain itu, terdapat penyebab kista lainnya, seperti:

  • Tumor
  • Kondisi genetik
  • Cacat pada sel
  • Kondisi peradangan kronis
  • Penyumbatan saluran dalam tubuh yang menyebabkan cairan menumpuk
  • Sebuah parasit
  • Cedera yang merusak pembuluh


Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT