Kasus Langka Kantong Zakar Kakek Ini Bisa 'Bersiul', Ternyata Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

Kasus Langka Kantong Zakar Kakek Ini Bisa 'Bersiul', Ternyata Ini Sebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 30 Jun 2022 18:00 WIB
ilustrasi penis
Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta -

Seorang pria lansia asal Ohio, Amerika Serikat, mencatat sejarah sebagai orang pertama di dunia dengan kondisi 'whistling scrotum', kantong zakarnya mengeluarkan suara yang aneh. Peneliti mencatat pria tersebut mengidap kondisi yang mengkhawatirkan.

Dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal of Case Report, pria berusia 72 tahun tersebut dilarikan ke unit gawat darurat setelah kehabisan napas dan wajahnya bengkak.

Dilaporkan NYPost, hasil X-ray pria tersebut menunjukkan adanya udara yang berlebihan mengambang di dalam tubuhnya, menyebabkan paru-parunya kolaps. Jika tidak diobati, ini bisa merusak fungsi jantung dan paru-parunya secara permanen, yang berpotensi menyebabkan kematian.

Setelah diperiksa lebih jauh, sumber utama suara aneh dan kondisi yang dialami pria tersebut adalah luka terbuka di sisi kiri skrotumnya. Sisa dari operasi testis untuk mengurangi pembengkakan yang ia jalani lima bulan sebelumnya, membiarkan udara yang terperangkap keluar.

"Sesak napas dan wajah bengkak juga karena komplikasi. Dua tabung plastik dimasukkan ke dadanya untuk mengalirkan udara berlebih," tulis laporan tersebut.

Dr. Brant Bickford dan rekan menulis bahwa dia dipindahkan ke rumah sakit lain untuk perawatan lebih lanjut. Kondisinya semakin memburuk, dengan jumlah udara terperangkap di antara paru-parunya dan dinding dada meningkat, yang memaksa dokter untuk menambahkan selang dada baru.



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT