ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 07:00 WIB

Siap-siap! Satgas Bakal Wajibkan Vaksin Booster di Tempat Publik

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan masyarakat untuk segera menambah proteksi imunitas tubuh dengan vaksin COVID-19 booster. Di tengah kasus COVID-19 kembali meningkat, pemerintah mensyaratkan wajib booster untuk kegiatan atau aktivitas berskala besar seperti konser.

Wiku juga menekankan kebijakan tersebut akan diperluas untuk memasuki fasilitas publik. Ia mengisyaratkan wajib booster di fasilitas publik bakal diterapkan dalam waktu dekat.

"Saat ini untuk kegiatan masyarakat berskala besar sudah mensyaratkan untuk vaksin wajib booster bagi pesertanya, dan ke depannya akan segera menjadi persyaratan juga untuk dapat memasuki fasilitas publik," terang Wiku dalam konferensi pers BNPB Jumat (1/7/2022).

"Untuk itu mohon segera melakukan vaksin booster dan ajak seluruh keluarga dan kerabat untuk segera melakukannya," sambung dia.

Wacana wajib vaksin booster di fasilitas umum atau publik sebelumnya sudah diutarakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Secara spesifik, ia menyebut ketentuan tersebut bisa diterapkan sebagai syarat masuk mal, tetapi masih dalam pembahasan bersama.

"Paling ampuh untuk vaksin itu dua, wajib perjalanan dan wajib mal, itu akan tinggi aktivitasnya. Sebenarnya tadi sudah diusulkan, tapi diskusi kita lihat dulu, kan (rapat) dua minggu sekali," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ditemui wartawan, Rabu (29/6/2022).

Dikutip dari vaksin.kemkes.go.id, baru 24,38 persen yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 booster dari total sasaran, atau sekitar lebih dari 50 juta orang. Data ini dihimpun Kemenkes RI per Jumat (1/7/2022) pukul 18:00 WIB.

(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT