ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 14:44 WIB

Kini Masuk Acara Besar Wajib Sudah Booster COVID-19, Masuk Mal Juga Sama?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Menanggapi peningkatan kembalinya kasus COVID-19 RI kini imbas subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, vaksinasi COVID-19 booster atau dosis ketiga menjadi bekal. Seiring itu, vaksin booster kini menjadi syarat warga mengikuti acara besar. Seperti apa ketentuannya?

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito memaparkan, kini warga yang hendak mendatangi acara dengan jumlah pengunjung lebih dari 1.000 orang harus sudah menerima suntikan vaksin COVID-19 booster lebih dulu. Khususnya, untuk warga berusia 18 tahun ke atas.

"Ketentuan khusus untuk pelaksanaan acara besar di mana peserta melebihi 1.000 orang yaitu kewajiban sudah divaksinasi booster bagi usia 18 tahun ke atas dan vaksinasi dosis lengkap untuk usia 6-17 tahun," ujarnya dalam siaran langsung 'Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia per 1 Juli 2022', Jumat (1/7/2022).

Masuk Mal Bakal Wajib Booster?

Menjawab itu, Prof Wiku menjelaskan, hingga kini syarat wajib booster hanya diperuntukkan acara besar dengan pengunjung lebih dari 1.000 orang. Namun menurutnya, pemerintah tidak menutup kemungkinan syarat wajib booster bakal diperluas untuk aktivitas atau tempat lain.

"Sejauh ini kewajiban vaksin booster diperuntukkan untuk orang yang hendak menghadiri kegiatan besar dengan jumlah peserta lebih dari 1.000 orang. Ke depannya, pemerintah terbuka dengan dinamika peraturan yang tentunya berkaca dari dinamika kasus. Mohon untuk menunggu keputusan selanjutnya," pungkas Prof Wiku.

(vyp/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya