ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 15:35 WIB

IDI Bakal Dorong Ganja Medis Jadi Standar Layanan Medis! Tapi Ada Syaratnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ketua Umum PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT Foto: detikHealth/Sarah Oktaviani Alam
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Adib Khumaidi, SpOT, buka suara soal wacana legalisasi ganja untuk keperluan medis. Ia mengatakan pihaknya tengah meneliti dasar-dasar serta referensi ilmiah soal ganja medis.

Menurut dr Adib, riset ini sangat penting untuk digunakan sebagai usulan dan keamanannya untuk menentukan tanaman ganja ini sebagai suatu layanan atau pengobatan.

"Dalam membuat saran atau kemudian melakukan sebuah dasar bahwa ini masuk dalam suatu layanan atau pengobatan, maka kita harus berbasis pada suatu evidence base (bukti). Proses di internal yang sedang kita coba lakukan, sedang kita elaborasi dengan dasar-dasar ilmiah yang ada (akademik) terkait dengan penatalaksanaannya," jelas dr Adib saat ditemui di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Minggu (3/7/2022).

"Tentunya ya risetnya ini menjadi sangat penting. Kita sedang mengumpulkan riset-riset ilmiah untuk menjadi suatu dasar sebagai usulan," lanjutnya.

Selain sebagai dasar, riset ini nantinya akan digunakan untuk melihat kemungkinan efek samping yang muncul. dr Adib mengatakan hal ini juga menjadi suatu poin utama dalam mengkaji penggunaan ganja medis ini.

Jika proses riset selesai dan terbukti manfaat serta keamanannya, lanjut dr Adib, IDI akan mendorong penggunaan tanaman ganja untuk menjadi suatu bagian dari standar pelayanan medis.

"Tapi, pada dasarnya perlu kita sampaikan, kita sedang mencari referensi ilmiah dan tentunya kita akan mendorong menjadi suatu bagian dari riset. Jadi, nanti pasti ada proses riset dan ini sebagai usulan dari organisasi profesi, IDI, bahwa kita mendorong ini sebagai bagian dari suatu riset terlebih dulu," kata dia.

"Baru nanti kita melangkah agar ini (ganja medis) menjadi suatu bagian dari standar pelayanan. Tapi, riset ini menjadi satu poin penting, karena keamanan sangat penting untuk dasar penatalaksanaan," tegasnya.



Simak Video "IDI Akan Teliti Referensi Ilmiah untuk Riset Ganja Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT