ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 09:05 WIB

Heboh Bayi dari Hubungan Inses Meninggal 2 Jam Usai Lahir, Alami Kondisi Serius

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Newborn child baby having a treatment for jaundice under ultraviolet light in incubator. A neonatal intensive care unit (NICU), intensive care nursery (ICN) for premature newborn infants Seorang bayi meninggal usai alami kondisi medis serius. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Seorang bayi yang lahir dari hubungan inses atau sedarah meninggal dua jam setelah dilahirkan akibat mengalami kondisi medis yang serius.

Dilaporkan DailyStar, bayi malang asal Dustlik, Uzbekistan yang lahir pada 4 Juni 2022 lalu mengalami cacat lahir yang parah karena orang tuanya merupakan saudara kandung.

"Ia dilahirkan dengan ichthyosis bawaan yang parah, serta cacat lahir lainnya yang mengancam jiwa," kata Kementerian Kesehatan Uzbekistan.

Ichthyosis congenita adalah sebuah penyakit bawaan yang menyebabkan kulit di seluruh tubuh menjadi kering, pecah-pecah, dan bersisik tebal.

Ibunya, lahir pada tahun 1994, sedang hamil 35 minggu dan empat hari ketika dia melahirkan anak laki-laki dengan tinggi badan 47 sentimeter. Bayi tersebut adalah anak keduanya, yang pertama lahir dari suami sebelumnya, dan kehamilannya normal, lapor Kementerian Kesehatan.

Namun, terlepas dari upaya terbaik para dokter untuk menghidupkannya kembali, sayangnya, bayi yang baru lahir itu meninggal hanya dua jam 10 menit setelah ia lahir ke dunia.

Diketahui bahwa dalam kebanyakan kasus, anak-anak dilahirkan dengan berbagai cacat genetik karena pernikahan kerabat dekat.

"Khususnya, karena keluarga seperti itu, anak yang belum lahir dapat mengembangkan penyakit berbahaya seperti keterbelakangan mental bawaan, kelainan kromosom, sindrom Down, keterbelakangan mental dan fisik yang parah," jelas Kemenkes.

"Oleh karena itu, kami meminta anak muda yang sedang mempersiapkan untuk menikah, pertama-tama menjalani pemeriksaan kesehatan, dan kemudian memulai hidup baru, untuk menghindari pernikahan antara kerabat dekat," pungkasnya.



Simak Video "Dokter Bicara soal Viral Bayi 6 Bulan Meninggal Usai Dibawa Ortu Motoran"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT