ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 10:45 WIB

Ayah Ayu Ting Ting Jalani Operasi Hernia, Kenali Penyebabnya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Ayu Ting Ting dan Abdul Rojak Ayu ting ting jelaskan kondisi ayah Rojak setelah operasi hernia. Foto: dok. Channel YouTube Qiss You TV
Jakarta -

Ayu Ting Ting baru saja mengabarkan kondisi terkini ayahnya, Abdul Rojak, atau biasa disapa Ayah Rojak yang sedang di rawat di rumah sakit. Lewat channel YouTube miliknya, Qiss You TV pada 3 Juli 2022 menjelaskan penyebab Ayah Rojak masuk rumah sakit.

"Ayah kemarin itu melakukan operasi hernia," jelas Ayu Ting Ting dilihat detikcom, Senin (4/7/2022).

"Emang sebelum umrah awalnya Ayah mau dioperasi, tapi hernianya baru kecil,"kata Ayah Rojak menanggapi. Setelah 3 hari pascaoperasi, Ayah Rojak menyatakan masih merasakan sakit. Walaupun begitu, dirinya sudah berusaha untuk berjalan.

Apa Itu Hernia?

Dikutip dari WebMD, Senin (4/7), hernia atau turun berok merupakan kondisi ketika organ atau jaringan lemak meremas melalui titik lemah di sekitar otot atau jaringan ikat yang disebut fascia. Biasanya muncul benjolan akibat keluarnya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah.

Penyebab Hernia

Hernia disebabkan oleh kombinasi tekanan dan pembukaan atau kelemahan otot, tekanan mendorong organ atau jaringan melalui lubang dan titik lemah yang terlalu sering bisa menimbulkan hernia. Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan risiko hernia:

  • Mengangkat beban berat tanpa menstabilkan otot perut
  • Diare atau sembelit
  • Batuk atau bersin terus-menerus

Selain itu, kondisi seperti obesitas, gizi buruk, dan merokok, semuanya dapat berisiko melemahkan otot dan membuat hernia lebih mungkin terjadi.



Simak Video "TOP 5: Insentif Nakes Batal Disunat, Ayu Ting Ting Batal Nikah"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT