ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 13:00 WIB

Fakta-fakta Turun Berok, Dialami Ayah Ayu Ting Ting Sampai Harus Dioperasi

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Ayu Ting Ting dan Abdul Rojak Ayu Ting Ting menjelaskan kondisi Ayah Rojak setelah operasi hernia. Foto: dok. Channel YouTube Qiss You TV
Jakarta -

Abdul Rojak, atau biasa disapa Ayah Rojak yang merupakan ayah dari penyanyi Ayu Ting Ting dikabarkan baru saja menjalani operasi hernia. Kabar ini disampaikan langsung oleh Ayu Ting Ting melalui channel YouTube miliknya, Qiss You TV pada 3 Juli 2022.

"Kemarin banyak yang tanya-tanya ayah kenapa dan sakit apa? Jadi setelah kemarin ayah operasi hari Kamis jam 5 sore. Pas Ayah operasi saya nggak nemenin karena dituntut bekerja. Saya kerja kalau nggak siapa yang bayar rumah sakit?" ucap Ayu Ting Ting dalam video YouTube-nya.

Ayah Rojak menyatakan operasi itu mulanya akan dilakukan sebelum dirinya umrah. Akan tetapi dibatalkan, khawatir mengganggu ibadahnya di Tanah Suci.

"Emang sebelum umrah awalnya Ayah mau dioperasi, tapi hernianya baru kecil," jelas Ayah Rojak dalam video yang sama.

Hernia disebabkan oleh kombinasi tekanan dan pembukaan atau kelemahan otot jaringan fascia, tekanan mendorong organ atau jaringan melalui lubang dan titik lemah yang terlalu sering bisa menimbulkan benjolan yang menonjol keluar.

Macam-macam Hernia

Dikutip dari WebMD, Senin (4/7/2022), Hernia memiliki beberapa macam seperti di bawah ini:

Inguinal Hernia

Pada hernia ini, usus atau kandung kemih menonjol melalui dinding perut atau ke dalam kanal inguinal yang terletak di selangkangan. Sekitar 96 persen hernia selangkangan adalah inguinal, dan sebagian besar terjadi pada pria karena kelemahan alami di daerah ini.

Incisional Hernia

Usus terdorong melalui dinding perut di lokasi operasi perut sebelumnya. Jenis ini paling sering terjadi pada orang tua atau orang yang kelebihan berat badan yang tidak aktif beraktivitas setelah operasi perut.

Femoral Hernia

Terjadi ketika usus memasuki saluran yang membawa arteri femoral ke paha atas. Hernia femoral paling sering terjadi pada wanita, terutama mereka yang sedang hamil atau obesitas.

Umbilical Hernia

Pada hernia umbilical, sebagian usus halus melewati dinding perut dekat pusar. Biasa terjadi pada bayi baru lahir, juga biasa menimpa wanita obesitas atau mereka yang telah memiliki banyak anak.

Hiatal Hernia

Hiatal hernia terjadi ketika perut bagian atas meremas melalui bagian hiatus, sebuah lubang di diafragma yang dilalui kerongkongan.

Gejala-gejala Hernia

Berikut ini gejala yang biasa dialami penderita hernia:

  • Pembengkakan yang jelas di bawah kulit perut atau selangkangan
  • Perasaan berat di perut yang terkadang disertai dengan sembelit atau darah di tinja
  • Ketidaknyamanan di perut atau selangkangan saat mengangkat atau membungkuk
  • Sensasi sakit pada bagian yang tumbuh benjolan
  • Kelemahan atau tekanan di selangkangan
  • Maag
  • Susah menelan
  • Muntah
  • Sembelit
  • Nyeri dan bengkak di sekitar testis
  • Gejala hiatal hernia mungkin termasuk mulas dan nyeri perut bagian atas.


Simak Video "TOP 5: Insentif Nakes Batal Disunat, Ayu Ting Ting Batal Nikah"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT