ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 21:46 WIB

Variasi Bercinta 'Terlarang', Hindari Jika Tak Mau Kena Penyakit Ini

Christina Butarbutar - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Seks merupakan bagian kehidupan yang normal dan sehat. Seks dilakukan harus menyenangkan bagi Anda dan pasangan.

Namun, seks juga dapat berisiko jika Anda atau pasangan melakukan hal-hal berikut yang dapat menyebarkan penyakit atau menyebabkan kerusakan fisik atau emosional.

Dikutip dari WebMD, ada lima hal-hal yang dapat menyebabkan seks berisiko yaitu:

1. Seks gonta-ganti pasangan

Seks gonta-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom baik seks vaginal, anal, atau oral berisiko terkena HIV dan penyakit menular seksual. Penularan ini terjadi dari cairan tubuh seperti darah dan air mani yang berpindah dari Anda ke pasangan saat berhubungan seks.

Ketika pasangan mengidap HIV atau penyakit menular seksual lain, bahkan jika mereka tidak mengetahuinya, mereka dapat menularkan virus atau infeksi tersebut. Cara menurunkan risiko yaitu dengan menggunakan kondom setiap berhubungan seksual. Hal ini dapat mengurangi peluang terkena penyakit menular seksual tertentu.

Dengan pengecualian, tidak pernah berhubungan seks, atau Anda 100 persen yakin bahwa pasangan Anda hanya berhubungan seks dengan Anda dan tidak memiliki penyakit menular seksual, kondom adalah pilihan terbaik Anda.

2. Seks anal

Seks anal melibatkan semua jenis aktivitas seksual di area sekitar anus. Seks ini adalah jenis seks paling berisiko bagi pria dan wanita untuk mendapatkan dan menyebarkan HIV dan PMS lainnya.

Mengapa demikian? Hubungannya di anatomi. Lapisan anus jauh lebih tipis daripada vagina, sehingga lebih mudah rusak. Itu membuatnya jauh lebih rentan terhadap infeksi.

Cara menurunkan risiko yaitu pastikan Anda menggunakan kondom lateks dengan benar untuk menurunkan risiko pecah karena gesekan. Perbanyak memakai pelumas berbasis air atau silikon juga dapat membantu. Namun, cara ini masih rentan terhadap penyakit menular seksual tertentu ketika Anda melakukan seks anal, terutama jika Anda menerimanya.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya