Jumlah Pasien COVID-19 Rawat Inap Wisma Atlet Sudah Hampir 200 Orang

ADVERTISEMENT

Jumlah Pasien COVID-19 Rawat Inap Wisma Atlet Sudah Hampir 200 Orang

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 05 Jul 2022 15:15 WIB
Kasus COVID-19 di Tanah Air terus menunjukkan peningkatan yang diyakini terkait subvarian BA.4 dan BA.5 DKI Jakarta jadi daerah yang menyumbang kasus terbanyak.
Ilustrasi Corona di DKI Jakarta. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Jumlah pasien COVID-19 rawat inap di Wisma Atlet Kemayoran kini mendekati 200 orang. Meningkat signifikan dibandingkan awal Mei lalu. Sebelumnya hanya mencatat dua kasus pasien rawat inap di Selasa (10/5/2022).

Sementara kini, total pasien Wisma Atlet per Selasa (5/7/2022) mencapai 193 kasus. Bertambah 11 orang dari hari sebelumnya.

Total kumulatif pasien COVID-19 yang pernah dirawat di Wisma Atlet sejak pandemi Corona merebak yakni 164.740 kasus. Tepat di periode yang sama, sembilan pasien berjasil sembuh atau keluar dari rumah sakit.

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia Prof Zubairi Djoerban sebelumnya mewanti-wanti risiko peningkatan kasus COVID-19. Ia berharap lonjakan kasus tidak terus melambung tinggi.

"ALERTA! Mari berharap kenaikan kasus Covid-19 ini tidak mengakibatkan peningkatan yang berkelanjutan di Indonesia, termasuk kasus aktif," terang Prof Zubairi dalam akun Twitter pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Kamis (30/6/2022).

Sementara Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin baru-baru ini mengumumkan tren kasus COVID-19 tampaknya sudah mulai melandai, mengingat sudah melewati 30 hari pasca diumumkannya kenaikan akibat munculnya Omicron BA.4 dan BA.5.

Ia juga memperkirakan fase puncak Omicron sudah terlewati, jika berkaca pada tren kenaikan di banyak negara. Terlebih, 80 persen dari total kasus sudah didominasi kedua varian tersebut.

"Kasus mulai melandai saat varian baru sudah mendominasi," jelas dia.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT