ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 16:20 WIB

10 Manfaat Tepung Maizena, Bisa Jadi Obat Rumahan

Josina - detikHealth
Starch and corn cob on the table Tahukah kamu, tepung maizena bisa jadi obat rumahan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Tepung Maizena atau tepung jagung biasanya digunakan untuk membuat kue dan bahan pengental makanan. Namun di balik itu nyatanya tepung maizena memiliki manfaat banyak di rumah.

Hanya saja perlu diketahui meski sebagian manfaat penggunaan tepung ini mungkin tidak didukung oleh studi ilmiah.

Melansir dari Health Line, berikut adalah deretan manfaat tepung maizena yang diyakini:

1. Pereda Iritasi Kulit

Tepung jagung mungkin merupakan obat yang nyaman dan hemat biaya untuk iritasi kulit, meskipun sedikit penelitian yang mendukung kemanjurannya untuk penggunaan ini.

Meskipun demikian, banyak orang menggunakannya untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Campurkan tepung maizena dan beberapa tetes air dalam mangkuk sampai membentuk pasta setebal selai kacang. Oleskan lapisan kecil ke kulit Anda dan biarkan hingga benar-benar kering. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Beberapa orang juga menaburkan tepung maizena di seprai atau bagian dalam pakaian untuk mengurangi gesekan.

2. Deodoran

Jika kamu kehabisan deodoran atau menginginkan alternatif buatan sendiri, cobalah menggunakan tepung maizena. Berkat sifatnya yang menyerap kelembapan, ia bertindak sebagai deodoran alami untuk mengurangi keringat dan bau.

Untuk membuat deodoran tepung jagung sendiri, kamu memerlukan:

3 sendok makan (45 mL) minyak kelapa
2 sendok makan (16 gram) tepung maizena
2 sendok makan (28 gram) soda kue

Microwave minyak kelapa selama 15-20 detik atau sampai mencair. Kemudian, tambahkan tepung maizena dan soda kue secara perlahan hingga membentuk pasta kental.

Kamu juga dapat menambahkan setetes minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma yang menyenangkan.

Perlu diingat bahwa beberapa orang menganggap soda kue akan membuat ketika iritasi, jadi mungkin tidak cocok untuk semua orang. Selain itu, jika kamu mengalami keringat berlebih, atau hiperhidrosis, kamu mungkin memerlukan antiperspiran komersial yang lebih kuat.

3. Sampo Kering

Kamu bisa menggunakan tepung maizena sebagai sampo kering alami.

Taburkan sedikit ke akar rambut kamu dan sikat dengan lembut ke ujungnya. Untuk aplikasi yang mudah, gunakan kuas makeup bersih untuk memindahkannya ke rambut kamu.

Karena tepung maizena berwarna terang, teknik ini mungkin tidak cocok untuk mereka yang berambut gelap.

4. Cat Kuku Matte

Untuk membuat cat kuku matte, taruh beberapa tetes cat kuku di piring dan taburkan sedikit tepung maizena di atasnya. Mulai perlahan, tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan.

Kemudian campur dengan kuas dan oleskan ke kuku.

5. Mandi Susu dengan Tepung Maizena yang Menenangkan

Mandi susu secara historis telah digunakan untuk menenangkan kulit sekaligus menciptakan pengalaman mandi yang mewah. Salah satu bahan rahasia dalam banyak mandi susu adalah tepung jagung.

Meskipun tidak ada penelitian yang mendukung manfaat mandi susu dengan tepung maizena, beberapa orang menemukan bahwa itu berhasil untuk mereka.

Dalam tas, tambahkan 1 cangkir (128 gram) tepung maizena, 2 cangkir (256 gram) susu bubuk, dan 1/2 cangkir (115 gram) soda kue. Segel dan kocok dengan baik. Terakhir, tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender - atau minyak esensial lainnya - untuk aroma yang menenangkan dan kocok kembali.

Saat mandi, tambahkan 1 cangkir (128 gram) campuran ke dalam bak mandi air hangat kamu dan nikmatilah.

6. Pencegahan Penyakit Kaki Atlet (Tinea Pedis)

Penyakit kaki atlet terjadi ketika kaki kamu secara teratur terkena kelembaban, seperti keringat, yang memungkinkan jamur seperti Trichophyton rubrum, Trichophyton mentagrophytes, dan Epidermophyton floccosum.

Meskipun tepung jagung tidak dapat mengobati atau menyembuhkan penyakit kaki atlet, namun dapat membantu mencegahnya.

Cukup taburkan tepung maizena di sepatu kamu untuk mengurangi kelembapan atau tambahkan ke kaus kaki kamu untuk tindakan penyerapan kelembapan tambahan.

Jika kamu secara teratur mengalami kaki atlet, tanyakan penyedia layanan kesehatan kamu untuk perawatan yang sesuai seperti obat antijamur topikal.

7. Solusi Iritasi Kulit

Tepung jagung dapat membantu mengurangi gesekan antara dua permukaan. Akibatnya, ini dapat membantu mengurangi gesekan.

Gosokkan sedikit tepung jagung ke area yang teriritasi, seperti di antara paha sebelum kamu berpakaian.

8. Detangling Agent untuk Simpul Rambut

Jika Kamu memiliki simpul besar di rambut, coba oleskan tepung jagung ke area tersebut. Tepung jagung dapat mengurangi gesekan dan melumasi serat rambut yang dapat membuat simpul kusut lebih mudah.

9. Meredakan Gigitan Serangga

Gigitan serangga, yang terasa gatal dan mengiritasi, menjadi lebih parah saat kulit kamu lembap. Tepung jagung dapat membantu mengeringkan kulit di sekitar gigitan serangga agar tidak gatal.

Campurkan 2 sendok makan (16 gram) tepung maizena dengan beberapa tetes air dingin hingga membentuk pasta setebal selai kacang. Oleskan pada bekas gigitan dan biarkan hingga kering.

10. Untuk Luka Melepuh

Luka lepuh akan memburuk di lingkungan yang lembab atau saat bergesekan dengan permukaan lain, seperti sepatu atau pakaian.

Tambahkan sedikit tepung jagung ke dalam lepuh untuk mengurangi gesekan dan menjaga area tersebut tetap kering. Namun, jangan mengoleskan tepung maizena pada lepuh atau luka terbuka, karena dapat menyebabkan infeksi.



Simak Video "Epidermolisis Bullosa, Kelainan Kulit Langka Pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT