ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Terlalu Lama Terkena Matahari Bisa Biduran, Kenapa ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi biduran atau alergi pada anak Foto: Getty Images/iStockphoto/Kwangmoozaa
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya dok...

Saya kalau terkena sinar matahari terlalu lama kok bisa biduran ya. Kenapa ya dok?

P (Wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Apakah keluhan ini baru-baru saja terjadi? Atau sudah lama?

Biduran atau kemerahan di kulit yang juga seringkali disertai rasa gatal adalah reaksi tubuh yang sensitif terhadap sinar matahari. Secara gampangnya, bisa disebut sebagai reaksi alergi.

Tubuh akan mengeluarkan zat-zat inflamasi, sehingga akan melebarkan pembuluh darah dan juga menyebabkan kemerahan, bentol/bengkak, dan ruam di kulit.

Untuk mencegahnya, perlu hindari terkena sinar matahari langsung. Dapat menggunakan pakaian longgar dan dapat menyerap keringat, serta krim pelindung matahari.

Bila sudah terlanjur muncul biduran, bisa juga dibantu dengan dioleskan lotion pelembab untuk mengurangi gangguan gatal-gatal dan untuk membantu kulit cepat pulih. Bila sangat mengganggu, bisa juga dikombinasikan dengan obat antihistamin atau kortikosteroid atau sebaiknya dikonsultasikan ke dokter kulit terdekat.

dr Eddy Wiria, PhD
Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Epidermolisis Bullosa, Kelainan Kulit Langka Pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT