ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 09:32 WIB

Viral Netizen TikTok Wajahnya Lumpuh Sebelah, Gegara Sering Kena Angin AC?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral TikTok seorang pria mengalami bells palsy, mengaku karena sering terpapar angin AC. Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral lagi netizen mengalami bell's palsy, yakni kondisi sebagian wajah terasa lumpuh lantaran otot-otot melemah. Pemilik akun TikTok @Nang_Lau menceritakan awal mula gejala bell's palsy muncul.

"Sebelah wajah kaku. Butuh effort lebih buat makan, minum, mangap. Dan yang paling sudah itu cuci muka dan mandi," katanya dalam video viral di akun pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Kamis (7/7/2022).

Ia mengaku kondisi bell's palsy ini muncul lantaran dirinya terlalu lama terpapar angin AC ke arah wajah. Karenanya, ia memutuskan untuk langsung menjalani fisioterapi.

Agar tidak mengalami kondisi serupa, ia berpesan untuk menghindari aktivitas yang membuat seseorang terlalu sering terpapar angin.

"Jangan terlalu terkena yang berangin terutama bagian wajah. Usahakan dikurangi keluar pakai motor, pakai mobil pun AC-nya jangan terlalu kencang," tutur dia.

"Kalau keluar usahakan pakai hoodie (telinga harus lebih sering tertutup). Kalau ada headphone juga boleh," lanjut dia.

Beruntungnya, ia berhasil sembuh dan fungsi otot wajahnya hampir 90 persen sudah kembali seperti semula. Meski begitu, ia bercerita jika bell's palsy sebelumnya sangat mengganggu di keseharian atau aktivitas sehari-hari.

Misalnya, ia menjadi kesulitan saat makan lantaran bibir yang terbuka hanya sebagian, sehingga makanan sulit masuk. Bukan cuma itu, Nang mengeluhkan rasa sakit sebagian wajah saat dipijat atau fisioterapi.

"Mata hanya berkedip sebelah karena yang sebelah masih kaku," tandasnya.

"Senyum. Ini bagian paling kurang enak karena ketika senyum saat ini masih sebelah, seolah terlihat senyum sinis," cerita dia.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT