ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 13:00 WIB

Kronologi Pria Tangerang Kena Bell's Palsy, Disebut karena Sering Kena AC

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral TikTok seorang pria mengalami bells palsy, mengaku karena sering terpapar angin AC. Viral pria mengidap bell's palsy. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral pria asal Tangerang mengidap bell's palsy alias kondisi saat sebagian wajahnya lumpuh. Dalam video di TikTok pribadinya, pria bernama Nanang ini mengaku menjadi kesulitan makan dan minum.

Hal ini dikarenakan sebagian wajahnya terasa kaku dan tidak bisa digerakkan. Kepada detikcom, pria berusia 24 tahun tersebut menceritakan kronologi awal dirinya terpapar bell's palsy.

"Pertama kali terkena bell's palsy, awalnya karena kecapekan, beberapa hari sebelumnya ada rasa sakit di telinga kiri bagian bawah," cerita dia saat dihubungi Kamis (7/7/2022).

Keluhan tersebut disebutnya diikuti dengan rasa nyeri berdenyut hingga lima sampai enam kali. Cukup intens terjadi di bagian telinga.

Siapa sangka, empat hari setelahnya, wajah bagian sebelah kiri Nanang langsung terasa kaku. "H-2 sebelum benar-benar kaku, ketika berkumur air, ujung bibir kiri loss, gtidak mau tertutup ketika berkumur," lanjut dia.

Gejala lain yang kemudian muncul adalah mata kiri pada akhirnya tidak bisa berkedip. Ia kemudian pergi ke dokter dan didiagnosis bell's palsy.

Sang dokter menyebut kemungkinan pemicu utama bell's palsy adalah dirinya sering terpapar angin AC atau kipas angin yang kerap mengarah ke wajah.

"Memang di saat 5 hari sebelum ada gejala, daya setting AC di suhu 16 derajat dan anginnya mengarah ke wajah," tuturnya.

Dokter juga mewanti-wanti jika Nanang bisa saja kembali mengalami gejala bell's palsy dalam kondisi tertentu. Terlebih, jika tengah merasa kelelahan dan sering terkena suhu dingin.

"Alhamdulillah sekarang sudah normal kembali, kemarin pemulihannya butuh lebih dari dua minggu, kondisi berangsur normal hampir 90 persen sudah seperti biasa," sambung dia.

Nanang mengaku, kondisi kaku di bagian wajah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk membaik adalah bagian bibir dan alis. Ia berpesan, agar masyarakat mewaspadai risiko kesehatan dengan menghindari paparan angin berlebihan dari kipas maupun AC.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya