ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 09:40 WIB

Konsultasi Kesehatan

Badan Tidak Bisa Digerakkan Seperti Saraf Kaku, Bagaimana Mengatasinya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi wanita lelah atau pegal Ilustrasi badan kaku. (Foto: Getty Images/iStockphoto/marchmeena29)
Jakarta -

Pertanyaan:

Izin bertanya Dok, kalau sampai seluruh badan nggak bisa digerakin, terasa seperti saraf kaku, itu kenapa ya? Dan adakah saran penanganan utamanya Dok?

Febri (Pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Badan kakunya sudah berapa lama ya? Badan kaku bisa karena kurang melakukan gerak, bisa juga ada gangguan elektrolit tubuh, misalnya kurang kalsium sehingga pergerakan otot menjadi kurang baik dan kram. Atau bisa juga kekurangan vitamin B.

Untuk hal-hal di atas, bisa mudah sekali diatasi dengan melakukan olahraga dan peregangan teratur, mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin B secara cukup, atau mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin B seperlunya secara teratur.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah gangguan metabolisme tubuh. Misalnya pembuangan asam laktat (zat sisa metabolisme di otot) yang kurang baik, atau gangguan otot lainnya. Bila olahraga teratur, konsumsi makanan, serta minuman dengan nutrisi baik tidak memperbaiki keluhan, sebaiknya konsultasikan ke dokter terdekat untuk dilakukan analisa yang baik.

dr Eddy Wiria, PhD
Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Ahli Ungkap Manfaat Ganja Medis untuk Penyakit Saraf"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT