ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Jul 2022 05:00 WIB

Wanti-wanti Dokter Soal Torpedo Kambing dan Mitos Pendongkrak Libido

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Domba garut merupakan domba lokal terbaik di Indonesia. Selain digunakan untuk seni ketangkasan, domba dengan penampakan gagah ini digunakan untuk kebutuhan pedaging. Daging domba ini sangat enak dengan kandungan lemak yang sedikit sehingga tidak heran kalau daging Domba Garut ini digunakan untuk masakan Sate Domba Afrika. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto Torpedo kambing diyakini bisa mendongkrak libido (Foto: dikhy sasra)
Jakarta -

Di setiap perayaan Idul Adha, torpedo kambing tidak pernah luput dari incaran bapak-bapak. Mitos pendongkrak libido atau gairah seks teramat lekat dengan bagian tersebut.

Praktisi kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengatakan mitos tersebut didasari oleh kandungan testosteron yang memang tinggi pada torpedo kambing. Meski demikian, ia meragukan perngaruhnya secara langsung pada libido.

Nutrisi dalam makanan, menurut Prof Ari, bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi libido. Faktor psikologis menurutnya turut berpengaruh.

"Bisa saja karena merasa sudah mengosumsi torpedo kambing seseorang merasa yakin bahwa libidonya meningkat dan bisa saja justru semangat tinggi inilah yang akhirnya meningkatkan libido seseorang tersebut," jelas Prof Ari.

Di sisi lain, daging kambing secara umum menurut Prof Ari adalah kelompok daging merah yang banyak mengandung lemak. Lemak hewani biasanya mengandung lemak jenuh dan LDL (low density lipoprotein) alias lemak jahat yang juga berlebihan bisa memicu masalah pada pembuluh darah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah risiko sembelit jika terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Jenis daging ini, menurut Prof Ari memberikan beban ekstra bagi usus untuk mengeluarkannya.

"Oleh karena itu harus diimbangi oleh banyak minum dan konsumsi sayur-sayuran," saran Prof Ari dalam pesannya kepada wartawan.

NEXT: Kandungan purin dalam torpedo kambing.

Lihat juga Video: Golongan Orang yang Berhak Menerima Daging Kurban

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT