ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Jul 2022 07:00 WIB

Catat! Hal yang Harus Dilakukan Jika Seseorang Alami Henti Jantung

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Begini pertolongan pertama henti jantung. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Henti jantung atau disebut Cardiac Arrest merupakan hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba. Kondisi ini menyebabkan seseorang hilang kesadaran dan berhenti bernapas. Juga, bisa terjadi pada siapa saja, baik orang yang memiliki riwayat penyakit jantung maupun tidak.

Mengingat kondisi ini bisa terjadi secara mendadak, seperti apa pertolongan utama yang harus dilakukan jika seseorang mengalami henti jantung di luar rumah sakit?

Spesialis jantung dan pembuluh darah sekaligus penasihat dan kepala komite medik di Siloam Hospitals Jantung Diagram Cinere, Professor dr Harmani Kalim, Sp.JP(K), MPH, menjelaskan seseorang mengalami henti jantung harus segera dilakukan resusitasi jantung atau tindakan bantuan hidup jantung.

Tindakan bantuan hidup dasar ini secara garis besar dikondisikan untuk kejadian henti jantung yang ada di luar rumah sakit sebelum mendapatkan pertolongan medis. Dengan begitu, henti jantung dapat segera diatasi, termasuk fungsi jantung, paru, dan otak masih bisa dipertahankan dengan baik sebelum mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

"Memang kalau orang henti jantung harus segera dilakukan resusitasi. Mangkanya orang awam, apalagi orang dan keluarganya sakit jantung harus tahu resusitasi. Kalau orang awam namanya BLS (basic life support). Di rumah sakit biasanya diajarkan," tutur Prof Harmani saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (9/7/2022).



Simak Video "Mengenal Henti Jantung yang Dialami Eks PM Jepang Shinzo Abe"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT