ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Jul 2022 09:30 WIB

Cek! Gejala Ini Banyak Dikeluhkan Pasien COVID Gelombang BA.4 dan BA.5

Vidya Pinandhita - detikHealth
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7
Jakarta -

Kasus COVID-19 di banyak negara termasuk Indonesia kini kembali merebak imbas subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Berbeda dari gelombang Corona sebelumnya, pasien COVID-19 kini relatif mengalami gejala lebih ringan lantaran cakupan vaksinasi COVID-19 sudah lebih luas. Lantas, apa saja gejala yang masih marak ditemukan pada gelombang kali ini?

Aplikasi studi ZOE COVID menjabarkan sederet gejala COVID-19 pada orang-orang yang sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19. Salah satunya, yakni 'lidah COVID' yang diidentifikasi sebagai ulkus mulut, dengan kondisi lidah seperti berlapis ruam tidak merata.

Sejumlah pasien lainnya juga mengalami ruam seperti biang keringat di area tubuh tertentu seperti jari tangan dan kaki.

"(Gejala lidah COVID) yang paling umum adalah ruam tipe sarang (urtikaria), 'biang keringat' atau ruam tipe cacar air (ruam papular atau vesikular) dan ruam jari tangan dan kaki COVID," beber ZOE COVID, dikutip dari iNews UK, Sabtu (10/7/2022).

Lebih lanjut, berikut lima gejala infeksi virus Corona paling umum pada pasien yang sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19:

  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk terus menerus

Di samping itu, masih ada juga pasien COVID-19 dengan gejala 'tradisional' berupa kehilangan kemampuan mencium bau dan mengecap rasa (anosmia), sesak napas, dan demam.

"Jika Anda belum divaksinasi, maka gejala yang timbul bisa lebih berupa gejala asli 'tradisional'. Namun, kami masih mengamati beberapa perubahan gejala sejak COVID-19 pertama kali muncul lebih dari setahun yang lalu," sambung pihak ZOE COVID.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Studi Ungkap Gejala Covid-19 Paling Sering Muncul di Gelombang BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT