ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Jul 2022 11:00 WIB

Dapat Daging Kurban, Perlu Dicuci Sebelum Masuk Kulkas? Begini Lho Kata Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
Bolehkah Membagikan Daging Kurban Kepada Non Muslim? Ini Kata MUI Penjelasan dokter perihal perlu atau tidaknya daging kurban dicuci sebelum dimasukkan ke freezer. Foto: Getty Images/iStockphoto/Difydave
Jakarta -

Warga Indonesia kini merayakan Idul Adha 1443 Hijriah. Di antaranya, dengan menyantap hidangan olahan daging kurban seperti sapi, kambing, dan domba. Mengingat kini wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan tengah merebak, perlukah daging kurban yang baru diterima warga langsung dicuci sebelum dimasukkan ke dalam freezer?

Menurut ahli gizi masyarakat, dr Tan Shot Yen, pertanyaan seputar perlu atau tidaknya daging kurban dicuci memang kerap menjadi polemik. Ia meluruskan, sebenarnya yang dikhawatirkan bukanlah kandungan pada daging, melainkan cara mencuci dagingnya. Pasalnya, penularan kuman timbul dari cipratan darah dan cairan daging saat proses pencucian.

"Menurut CDC dari Amerika, mereka menyampaikan kenapa daging sebaiknya tidak dicuci ketika masuk ke dalam freezer. Problem-nya adalah ketika kamu mencuci (daging), itu nyiprat ke mana-mana," terang dr Tan dalam siaran e-Life detikcom, Jumat (8/7/2022).

"Cipratan yang ada darah dan cairan dari daging tersebut itu proses yang jadi berkembang menjadi kontaminasi kuman. Problem-nya di situ. Jadi bukan tentang dagingnya," sambungnya.

Jika warga merasa tidak nyaman dengan bau daging yang langsung dimasukkan ke freezer tanpa dicuci lebih dulu, dr Tan membolehkan daging dicuci. Dengan syarat, proses pencucian dilakukan dengan hati-hati agar darah dan cairan daging tidak terciprat ke mana-mana.

"Kalau saya pribadi saya akan memilih untuk mencuci dulu, saya jijik kalau kulkas saya kotor dan bau. Tetapi sambil mencuci tolong jangan nyiprat supaya daging yang sudah Anda cuci bisa Anda kemas kemudian masuk ke dalam freezer," pungkas dr Tan.



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT