ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 05:00 WIB

Kolesterol Naik Usai Santap Daging Kurban? 6 Sayuran Ini Bantu Menetralkan

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jakarta -

Warga Indonesia baru saja melaksanakan momen Idul Adha 1443 Hijriah, yang dirayakan dengan menyembelih dan saling membagikan daging hewan kurban sapi, kambing, dan domba. Salah satu yang kerap menjadi sorotan, yakni terkait kadar kolesterol tubuh melonjak imbas makan daging kurban.

Ahli gizi masyarakat, dr Tan Shot Yen, menegaskan pada dasarnya tidak ada antidot untuk asupan kolesterol yang terlanjur kebanyakan. Pasalnya, tubuh tidak bisa dimanipulasi dengan konsumsi obat-obatan tertentu.

"Tentu saja kalau ceritanya saya sudah 'kadung' makan daging, sudah kadung kalap makan sate 20 tusuk, ditambah sop kambing, ditambah tadi nyicipin gulai, nah satu hal yang perlu Anda pikirkan, yang namanya remedi atau kira-kira antidotnya apa ya? Nggak ada. Jujur ngomong nggak ada," ujarnya dalam program e-Life, detikcom, Jumat (8/7/2022).

Alih-alih memikirkan cara instan untuk menurunkan kolesterol, dr Tan lebih menganjurkan langkah preventif berupa penerapan pola hidup sehat dan seimbang untuk mencegah lonjakan kadar kolesterol.

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menekan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayur-sayuran yang dipercaya mampu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, berikut ini 6 sayuran yang bisa kamu coba:

1. Bayam

Menurut ahli diet Trista Best, bayam dipenuhi dengan serat yang berguna untuk mengeluarkan kolesterol dalam tubuh. Bayam juga penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama dalam hal mengelola kesehatan jantung.

"Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol," ucapnya dikutip dari Eat This, Senin (11/7/2022).

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran kaya gizi yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung. Janet Coleman, ahli diet dari Consumer Mag, menyatakan bahwa brokoli adalah sayuran yang bagus untuk menurunkan kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (jenis jahat) dalam aliran darah.

3. Kacang Panjang

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber serat terbaik. Beberapa orang juga menggunakan kacang sebagai diet pengganti daging. Joan Salge Blake, profesor klinis di Boston University, menambahkan serat dalam jumlah besar mampu menurunkan kolesterol dan lemak jenuh.

"Anda akan menambahkan serat dalam jumlah besar, dan menurunkan asupan kolesterol dan lemak jenuh," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT